Belum Ada yang Mau Mendanai Supeltas

Arga sumantri    •    Sabtu, 09 Sep 2017 15:38 WIB
sukarelawan lalu lintas
Belum Ada yang Mau Mendanai Supeltas
Calon Supeltas mendapatkan atribut usai mengikuti pelatihan di Polres Jakarta Selatan. Foto: Polres Jaksel

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih berupaya mencari donatur untuk Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas). Namun, sampai kini belum ada pihak yang mau mendanai program itu.

"Kita masih cari donatur untuk biaya operasional," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di Jakarta, Sabtu 9 September 2017.

Halim mengatakan, kalau sudah ada donatur, Supeltas alias 'pak ogah' tidak bakal lagi memungut biaya ke pengendara. Halim mengaku sudah mengajukan soal donatur ke Pemprov DKI sampai Kamar Dagang Indonesia.

"Tapi belum ada, masih dalam proses (di Pemprov DKI) katanya. Kadin masih kita proses juga, suratnya belum jalan," kata Halim.

Halim tetap percaya Supeltas bisa jadi solusi membantu polisi dalam mengatur kemacetan di Jakarta. Ia sengaja mengoordinasi para 'pak ogah' liar menjadi mitra polisi. "Supeltas ini kan memang sukarelawan."

Baca: DKI Lepas Tangan soal Gaji Supeltas

Ada 480 'pak ogah' yang direkrut anggota Supeltas. Sejak Senin 21 Agustus 2017, para Supeltas direkrut dan diberi pelatihan.

Pembekalan para 'pembantu polisi' mengatur lalu lintas itu dilakukan di setiap polres. Supeltas sedianya dikukuhkan Sabtu 26 Agustus 2017. Namun, rencana itu ditunda karena belum ada kejelasan dana untuk mengupah mereka.

Pemprov DKI terang-terangan menyatakan enggan mendanai Supeltas. Sebab, honor Supeltas tak dianggarkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.




(UWA)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA