Keberlanjutan Proyek Tanggul A Harus Diperjelas

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 10 Aug 2017 13:32 WIB
tanggul pantai
Keberlanjutan Proyek Tanggul A Harus Diperjelas
Pengerjaan Tanggul A. Foto: Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat,

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan DPRD DKI Mohamad Taufik meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperjelas keberlanjutan proyek tanggul A di kawasan Pantai Utara Jakarta. Hal ini dikatakan Taufik lantaran ada nasib nelayan dan masyarakat di sekitar tersebut yang perlu diperhatikan.

"Bagaimana pengerjaan tanggul luar ke tanggul dalam? Siapa yang mau mengerjakan? Harus jelas itu," kata Taufik di kawasan Krematori Cilincing, Jakarta Utara, Kamis 10 Agustus 2017.

Taufik mengatakan, DKI tak boleh berlama-lama menentukkan tanggung jawab keberlanjutan proyek tersebut. Pasalnya, warga bisa saja menduduki lahan seluas sekitar 10 meter dari tanggul luar.

"Kalau enggak langsung (dikerjakan), ya, kumuh. Didudukin lagi. Kita enggak bisa jaga setiap hari. Ada warga yang malah bisa menduduki nantinya," kata Taufik.

Baca: Melongok Pengerjaan Tanggul A Cilincing

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) T. Iskandar mengatakan belum ada penunjukkan anggaran terkait keberlangsungan proyek. Mendengar hal tersebut Saefullah berjanji segera membahas tanggung jawab keberlangsungan proyek tanggul A.

"Nanti kita putusin. Kalau kementerian yang mau selesaikan, ya kita tinggal jaga. Kalau kementerian beralasan (kurang) budget, nanti kita diskusi. Mumpung (anggota) DPRD tahu," ujar Iskandar.

Tanggul ini dibangun untuk mengurangi banjir di daerah Cilincing dan sekitarnya. Tanggul yang ada sudah tak cukup menampung rob. Tanggul A didirikan pemerintah pusat bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


(UWA)