Djarot Ingin Bulan Tertib Trotoar Terus Berlanjut

Riyan Ferdianto    •    Jumat, 11 Aug 2017 20:36 WIB
trotoar
Djarot Ingin Bulan Tertib Trotoar Terus Berlanjut
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Metrotvnews.com/ Ilham Wibowo.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bulan Tertib Trotoar yang dikeluarkan lewat Instruksi Gubernur DKI Nomor 99 Tahun 2017 sudah berjalan hampir dua pekan. Walau jumlah pelanggar masih tinggi, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin trotoar tetap steril dari pedagang kaki lima dan sepeda motor meski Agustus berlalu.

"Mendisiplinkan warga tidak bisa seminggu atau dua minggu. Tapi harus terus menerus dan setelah Agustus tetap akan kami jaga," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 11 Agustus 2017

Menurut Djarot, penertiban trotoar akan terus dilakukan untuk memberikan rasa disiplin kepada masyarakat. Di Jakarta, mantan Wali kota Blitar itu menilai keberadaan trotoar sangat dibutuhkan oleh pejalan kaki.

"Operasi ini akan terus dilakukan, bahkan diperluas di trotoar-trotoar yang betul-betul sangat diperlukan untuk masyarakat," jelas Djarot.

Sebelumnya, Djarot menginstruksikan penetapan bulan Agustus sebagai bulan tertib Trotoar. Peraturan tersebut mulai berlaku pada Selasa 1 Agustus 2017.

Peraturan ini mengatur pembenahan trotoar di Jakarta. Semua trotoar yang diperlebar akan ada tanaman untuk menghindari para pengendara sepeda motor menjadikan trotoar sebagai tempat parkir.



(DEN)