Sumarsono Pelajari Putusan PTUN yang Menangkan Gugatan Nelayan Terkait Reklamasi

Intan fauzi    •    Jumat, 17 Mar 2017 13:29 WIB
reklamasi teluk jakarta
Sumarsono Pelajari Putusan PTUN yang Menangkan Gugatan Nelayan Terkait Reklamasi
Pulau hasil reklamasi. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono akan mempelajari putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang memenangkan gugatan nelayan atas izin reklamasi Pulau F, I, dan K. Putusan itu membuat surat izin reklamasi yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tidak sah secara hukum.
 
Sumarsono belum bisa memastikan langkah hukum yang bakal diambil Pemprov DKI. Setelah kalah di PTUN Jakarta, tim Biro Hukum Pemprov DKI perlu mempelajari putusan itu.
 
"Kalau kita kalah, sudah kalah, tim hukum harus kerja dulu, laporkan ke gubernur, nanti kita tentukan apakah banding atau tidak. Jadi posisi masih diolah tim hukum," kata Sumarsono di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat 17 Maret 2017.
 
Menurut Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu, menyelesaikan aspek hukum harus didahulukan sebelum memikirkan peruntukkan pulau reklamasi itu.
 
"Untuk apa (pulau) itu dibicarakan berikutnya. Sekarang yang penting adalah dari aspek hukumnya dulu," kata Sumarsono.
 
Sebelumnya, nelayan pantai utara Jakarta menggugat Surat Keputusannya (SK) tentang reklamasi yang dikeluarkan oleh Ahok. Hasilnya, PTUN memenangkan gugatan nelayan atas izin Pulau F, I, dan K.


(FZN)