Sepeda Motor Mulai Melintasi Jalan Thamrin

Haifa Salsabila    •    Kamis, 11 Jan 2018 04:26 WIB
pembatasan sepeda motor
Sepeda Motor Mulai Melintasi Jalan Thamrin
Ilustrasi pembatasan sepeda motor.

Jakarta: Sepeda motor sudah mulai melintasi Jalan Thamrin dari bundaran HI menuju kawasan Monas. Padahal, keputusan Mahkamah Agung terkait Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Larangan Sepeda Motor di Jalan Thamrin masih dikaji Pemprov DKI.

Berdasarkan pantauan Medcom.id, tampak beberapa sepeda motor mulai bebas melintasi jalan protokol tersebut. Bahkan, beberapa rambu-rambu larangan sudah dicopot oleh pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta pagi tadi.

"Setau saya tadi pagi sudah dicopot, jadi sudah ada motor yang lewat. Dikit sih," ujar salah seorang petugas kepolisian yang enggan disebutkan namanya, Jakarta, Rabu 10 Januari 2018.

Adi salah satu pengemudi sepeda motor mengaku tahu kalau aturan larangan sepeda motor melintas di jalan Thamrin telah dicabut melalui pemberitaan di berbagai media. "Iseng sih lewat sini karena katanya sudah boleh lewat lagi kan. Eh ternyata beneran, soalnya gak ditilang," ujar Adi.

Baca: Strategi Dishub DKI Usai MA Batalkan Pergub 195/2014

Mahkamah Agung sebelumnya mencabut Peraturan Gubernur terkait larangan sepeda motor melintas di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Ketua Majelis Hakim Irfan Fachrudin mengatakan kebijakan itu bertentangan dengan undang-undang. 

Dalam putusannya, Hakim Irfan berpendapat kebijakan itu bertentangan  dengan  peraturan  perundang-undangan yang  lebih  tinggi,  yaitu  Pasal  133  ayat  1  Undang- Undang  Nomor  22 Tahun  2009  tentang  Lalu  Lintas. Fachrudin menambahkan pelarangan motor masuk Jalan Thamrin tak sesuai Pasal  11  UU  No.  39/ 1999  Tentang  Hak  Asasi  Manusia. 

Kebijakan itu juga bertentangan dengan Pasal  5 dan  6  UU  No. 12/ 2011  Tentang  Pembentukan Peraturan  Perundang-Undangan.


(JMS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA