Kinerja Lurah DKI Dievaluasi Tiap Semester

Nur Azizah    •    Selasa, 26 Feb 2019 11:49 WIB
pemprov dki
Kinerja Lurah DKI Dievaluasi Tiap Semester
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan)

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengawasi kinerja lurah dan camat dengan ketat. Ia bakal melakukan evaluasi per semester.

"Pelayanan di kelurahan dan kecamatan akan kita awasi sangat ketat dan dievaluasi setiap enam bulan," kata Anies di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa 26 Februari 2019.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menekankan agar seluruh lurah dan camat untuk meningkatkan pelayanan. Seluruh kepentingan rakyat harus terpenuhi.

"Kemarin saya garis bawahi bahwa stakeholder terpenting adalah rakyat. Bagaimana rakyat harapannya terpenuhi, kebahagiaannya tercapai," ungkap dia.

Baca juga: Rotasi Lurah Lumrah

Kemarin, Gubernur DKI Jakarta merotasi 1.125 pejabat baru. Rinciannya, Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 15 orang, eselon III sebanyak 274 orang, dan eselon IV, termasuk lurah dan camat sebanyak 836 orang.

Salah satu yang diangkat menjadi camat yakni Rizki Adhari. Dia sebelumnya menjabat sekretariat camat Pancoran, Jakarta Selatan. Namun, ia mengaku belum mengetahui kecamatan mana yang akan ditempati. 

Senada dengan Rizki, sekretaris lurah Pinangranti, Jakarta Timur, mengemukakan hal serupa; belum tahu di mana dia akan ditempatkan.

Baca juga: Anies Resmi Rotasi 1.125 Pejabat

Sementara itu, Sekretaris Lurah Kelurahan Batu Ampar, Jakarta Timur, Ikhwan M Ali menilai rotasi untuk sejumlah jabatan di Pemprov DKI adalah hal lumrah. Menurut dia, rotasi perlu dilakukan untuk pembaruan demi kinerja yang lebih baik. 

"Lumrah itu, saya di sini baru dua tahun. Sebelumnya di Dinas Dukcapil, kantor wali kota, macam-macam. Ini sudah lama bukan di zamannya Pak Anies saja," tutur Ikhwan, Senin, 25 Februari 2019.


(MEL)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA