Djarot Minta Wali Kota Keluarkan SK Bedah Rumah Warga

Intan fauzi    •    Senin, 17 Apr 2017 11:35 WIB
bedah rumah
Djarot Minta Wali Kota Keluarkan SK Bedah Rumah Warga
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat peluncuran program bedah rumah di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. Foto: MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta wali kota di Jakarta mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk bedah rumah di lingkungannya. SK dibuat setelah proses verifikasi dilakukan di lapangan.
 
"Ada 83 (rumah) yang di kelurahan Cilincing, yang sudah didata masukan semua, verifikasi, keluarkan surat keputusan wali kota," ujar Djarot saat peluncuran program bedah rumah di Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara, Senin 17 April 2017.
 
Djarot mengatakan, pembuatan SK tersebut buat memperjelas data rumah warga mana saja yang akan dibedah.
 
"Siapa saja (yang terima), tempatnya di mana. Waktu saya jadi wali kota Blitar juga gitu, bikin surat keputusan rumah-rumah yang akan dibedah, tahun anggaran kapan, ini kita kerjakan," jelasnya.
 
Rumah yang dibedah atas usulan RT, RW, dan tetangga sekitar. Kemudian pemerintah memeriksa kondisi rumah. Tugas RT, RW, dan masyarakat menjamin warga tersebut tepat diberi bantuan.
 
"Misal yang bersangkutan, ibu Nursiah, lokasinya tepat, haknya tepat, kondisi ekonominya tidak mampu, rumah rusak, bocor enggak karu-karuan," ungkap Djarot.
 
Kader PDI Perjuangan itu mendorong warga ikut membantu tetangganya yang rumahnya dibedah. Misal, mulai dari bantuan makanan kecil sampai bahan bangunan yang sudah tak terpakai tapi masih bisa dimanfaatkan.
 
Sementara, Djarot mengungkapkan, yang akan mengerjakan renovasi rumah nantinya ada pasukan pelangi. Khusus pasukan merah, pasukan yang baru dibuat ini diberi pelatihan dulu untuk memasang atap baja ringan.
 
"Pasukan merah akan dilatih di perusahaan baja ringan karena pasang atap enggak gampang, perlu dilatih. Setelah direkrut kita latih untuk kerjakan khusus atap," sambungnya.


(FZN)