SDN Cipinang Melayu 01 Terapkan Seleksi Sesuai Juknis

Lis Pratiwi    •    Selasa, 18 Jul 2017 01:36 WIB
pendaftaran sekolah
SDN Cipinang Melayu 01 Terapkan Seleksi Sesuai Juknis
SDN Cipinang Melayu 01 Pagi, Jakarta TImur. MTVN/Lis Pratiwi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan berbagai pemilik tanah yang menjadi lokasi pendirian sekolah negeri di Jakarta. Kerja sama itu tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara pemilik tanah dan Dinas Pendidikan.

Salah satu sekolah yang tertulis dalam MoU adalah SDN Cipinang Melayu 01 Pagi, Jakarta Timur. Sekolah ini berdiri di atas tanah milik TNI Angkatan Udara.

Meski begitu, tak ada perlakuan khusus. SDN Cipinang Melayu 01 Pagi tetap menerapkan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sesuai petunjuk teknis (juknis).

"Tidak ada, seleksi sama semua tergantung umur dan kuota, diurutkan dari yang tertua sampai kuotanya terpenuhi," kata Rubangi, Kepala Sekolah SDN Cipinang Melayu 01, Jakarta Timur saat ditemui Metrotvnews.com, Senin 17 Juli 2017.

Rubangi menjelaskan, PPDB dimulai dengan seleksi jalur umum sebanyak 30 persen, dan luar DKI 5 persen, dilanjutkan jalur lokal atau zonasi sebesar 60 persen yang terdiri dari Kelurahan Cipinang Melayu dan kelurahan irisan Kompleks Halim Perdana Kusumah, milik TNI AU.

Dengan demikian, para putra-putri Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) bisa mendaftar baik lewat jalur umum atau pun jalur lokal. Hal inilah yang menurut Rubangi menciptakan kesan anggota keluarga AURI mendapat kuota lebih banyak.

"Padahal tidak ada kuota khusus," tambah dia.

Namun, lanjut Rubangi hal ini berbeda dalam sistem mutasi di mana anggota AURI memang mendapat prioritas. Pasalnya, banyak siswa anak AURI yang pindah sekolah ikut orangtuanya dinas ke luar kota dan diganti siswa anak AURI lain yang orangtuanya baru tiba di Jakarta.

"Hanya mutasi saja ada prioritas, tapi tetap tergantung kursi kosong dan siapa cepat," jelas Rubangi.


(DRI)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

19 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA