Perjalanan Salah Satu SMA Unggulan di Timur Jakarta

Lis Pratiwi    •    Jumat, 14 Jul 2017 14:15 WIB
pendidikan
Perjalanan Salah Satu SMA Unggulan di Timur Jakarta
Suasana di SMA 39 Jakarta. Foto: MTVN/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Lambaian daun yang beralun diterpa angin seolah menyambut semua orang kala tiba di SMAN 39, Jakarta Timur. Berada di kompleks TNI AD membuat halaman sekolah ini dinaungi pepohonan rindang. Suasana sejuk terasa, meski lokasinya berada di Ibu Kota.

Pada 1974, sekolah ini pertama kali berdiri sebagai filial dari SMAN 14 Jakarta. Empat tahun berselang, barulah nama SMAN 39 digaungkan. Sejarah berdirinya sekolah ini pun sangat erat kaitannya dengan TNI AD, khususnya Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pasalnya, lahan tempat sekolah berdiri kini adalah milik TNI. Inilah yang membuat sekolah memiliki kuota bagi putra putri TNI AD, khususnya Kopassus yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Kopassus dengan Pemda DKI Jakarta.

Bahkan, di masa awal berdirinya sekolah ini, sebagian tenaga pengajar diwakili para prajurit Kopassus serta istri-istri mereka yang memiliki keahlian di bidang belajar mengajar.

Puluhan tahun berselang, kini SMAN 39 menjelma menjadi salah satu sekolah unggulan di Jakarta. Prestasi pun datang dari berbagai bidang. Salah satunya dicapai baru-baru ini.

"Tahun ini, nilai UN pada kelompok MIPA menduduki peringkat terbaik ke-5 dari 117 SMAN yang ada di Jakarta," kata kepala sekolah SMAN 39 Jakarta, Horale Tua Simanullang kepada Metrotvnews.com, Kamis 13 Juli 2017.

Selain itu, keterserapan siswa SMAN 39 Jakarta di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit juga tidak sedikit, yakni mencapai 238 siswa. Hal ini ditambah pula dengan mereka yang diterima di berbagai sekolah kedinasan unggulan.

Horale mengatakan banyak pula siswanya memiliki prestasi non-akademik. Di antaranya, peraih medali perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) Biologi di Palembang, medali emas dan pembicara terbaik di Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), medali perak IESO di Jepang, hingga medali emas tim dan perorangan kejuaraan menembak di Vietnam.

"Siswa-siswa berprestasi ini juga ada beberapa yang berasal dari putra-putri Kopassus yang masuk dalam bina lingkungan," tambahnya.

Horale menegaskan, keberhasilan itu tak lepas dari dukungan pihak Kopassus untuk menjadikan SMAN 39 Jakarta sebagai sekolah unggulan hingga ke tingkat nasional.

Menurut Horale, satuan Kopassus juga banyak memberi andil, memotivasi, memfasilitasi berbagai kegiatan sekolah, termasuk menyediakan gedung pertemuan untuk rapat.

"Memberikan fasilitas dalam berbagai kegiatan misalnya pembinaan karakter dilaksanakan di dalam komplek Kopassus dengan narasumber dari satuan Kopasssus," kata dia.


(MBM)