Warga Minta Waduk Hankam Slipi 1 dan 2 Kembali Dikeruk

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 20 Oct 2016 00:54 WIB
waduk
Warga Minta Waduk Hankam Slipi 1 dan 2 Kembali Dikeruk
Petugas sedang melakukan perbaikan pada dinding Waduk Hankam Slipi, Jakarta Barat, Rabu (19/10/2016). Foto: Metrotvnews.com/ Whisnu Mardiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Waduk di Jakarta Barat khususnya Waduk Hankam Slipi 1 dan Waduk Hankam Slipi 2 sudah banyak barubah. Selain perbaikan secara fisik, warga meminta waduk kembali dikeruk dan diperdalam.

Menurut Tumijan, Ketua RT 01/02 Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat, peran Waduk Hankam 1 dan 2 sangat vital untuk penampung air agar tidak banjir di kawasan tersebut. Sejauh ini, perawatan kedua waduk itu dalam dua tahun terakhir rutin dilakukan oleh Dinas Tata Air dan UPK Badan Air.

"Dulu memang rawan banjir. Dulu hujan sedikit saja banjir. Alhamdulillah sekarang enggak pernah banjir," kata Tumijan kepada Metrotvnews.com, di Jalan Jalak, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (19/10/2016).

Kedua waduk yang memiliki luas sama 900 meter persegi ini memiliki masing-masing dua mesin pompa otomatis. Dengan diameter pipa mencapai 70 centimeter. Kata Tumijan, setiap hari petugas dari UPK Badan Air rutin mengecek waduk dari sampah-sampah. Hasilnya kondisi air waduk hijau jernih dan tak terlihat sampah sedikitpun.


Kondisi Waduk Hankam yang bebas dari sampah. Foto: Metrotvnews.com/ Whisnu Mardiansyah.

Meski sudah tidak pernah banjir lagi, warga meminta kedua waduk itu untuk dikeruk. Pengerukan kedua waduk tersebut terakhir kali dilakukan tiga tahun lalu. Saat ini kedalaman waduk tidak lebih satu meter.

"Sudah tiga tahun tidak dikeruk. Katanya mau dikeruk juga nanti," lanjut Tumijan.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Kepala Suku Dinas Tata Air DKI Jakarta Imron, menjelaskan proses pengerukan di Waduk Hankam 1 dan 2 dilakukan setelah renovasi dinding turap selesai.

Selain itu, alat berat yang digunakan untuk pengerukan juga terbatas dan sedang digunakan untuk pengerukan di waduk-waduk lain di Jakarta Barat. Proses pengerukan akan dilakukan secara bertahap.

"Kita tunggu di wilayah lain selesai," ucap Imron.

Di wilayah Jakarta Barat sendiri ada sembilan waduk yang dikelola oleh Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat. Diantaranya Waduk Hankam 1, Hankam 2, Wijaya Kusuma, Bojong, Grogol, KSP, Rawa Bandung, Rawa Kepa, dan Peternakan. Sementara Waduk Tomang dikelola langsung oleh Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta.


(DEN)

Pemerintahan Jokowi akan Dirugikan jika Novanto Tetap Pimpin Golkar

Pemerintahan Jokowi akan Dirugikan jika Novanto Tetap Pimpin Golkar

32 minutes Ago

Sikap pengurus DPP Partai Golkar yang tetap mempertahankan Novanto dianggap merugikan pemerinta…

BERITA LAINNYA