Pembongkaran Bangunan di Pulau Reklamasi Tunggu Revisi Raperda

Nur Azizah    •    Jumat, 08 Jun 2018 11:02 WIB
reklamasi teluk jakarta
Pembongkaran Bangunan di Pulau Reklamasi Tunggu Revisi Raperda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/ Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum bisa membongkar 932 bangunan di Pulau C dan D yang disegel. Sebab, Anies masih menunggu hasil revisi dua Raperda Reklamasi.

Dua Raperda itu ialah Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta (RTKS) dan Rancangan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Anies mengatakan, pihaknya bakal membentuk badan pelaksana reklamasi sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantura Jakarta.

"Pada fase ini memang masih disegel. Nanti sesudah ada Badan Pelaksana Reklamasi akan disusun rencana untuk wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil," kata Anies di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juni 2018.

Setelah rencana tersebut terbentuk, lanjut Anies, kemudian akan diterjemahkan dalam tata ruang yang akan dibuat Perda. Dari situ, Anies dapat menentukan tindakan terhadap bangunan di Pulau C dan D.

(Baca juga: Anies tak Urusi Nasib Konsumen Pulau C dan D)

"Nanti jadi bisa ditentukan mana wilayah yang akan jadi perkantoran, perumahan, zona hijau, zona biru, dan fasilitas sosial," terang dia.

Mantan Menteri Pendidikan ini mengaku tak bisa berbuat banyak sebelum Perda Rencana Tata Ruang Zonasi terbit. "Karena itu sekarang kita hentikan dulu (aktivitas) di sana. Kita bereskan dulu itu (Raperda)" tutur dia.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menargetkan Raperda rampung tahun ini. Ia menegaskan pencabutan dua Raperda hanya untuk mengikuti ketentuan Keppres.

"Kenapa waktu itu saya cabut raperdanya? supaya kita mengajukan lagi sesuai dengan apa yang digariskan Keppres dan yang digariskan itu nanti ada di tim badan pelaksana," pungkas Anies.




(REN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA