8 Program Anies-Sandi Masuk Belanja Prioritas RAPBD 2018

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 15 Nov 2017 18:31 WIB
dki jakartapemprov dki
8 Program Anies-Sandi Masuk Belanja Prioritas RAPBD 2018
Gubernur DKI Jakarta ANies Baswedan memaparkan RAPBD 2018 di depan DPRD DKI - MTVN/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menganggarkan belanja daerah tahun 2018 sebesar Rp71,16 triliun. Separuh lebih anggaran tersebut dialokasikan untuk belanja langsung prioritas program-program Anies-Sandi.

Dalam pemaparannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, jumlah rancangan belanja daerah tahun 2018 meningkat 11,87 persen dari tahun sebelumnya, yang hanya sebesar Rp63,61 triliun. Yang terdiri dari belanja langsung dan belanja tidak langsung.

"Untuk belanja langsung dialokasikan sebesar Rp40,51 triliun," kata Anies dalam pidatonya di Rumah Rapat DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu 15 November 2017.

Anies mengatakan anggaran belanja langsung akan dititikberatkan kepada belanja prioritas visi dan misi gubernur dan wakil gubernur. Ada delapan program prioritas Anies-Sandi.

(Baca juga: Komisi A Minta Program Anies-Sandi tak Mengambang)

Pertama, membuka lapangan kerja dan program kewirausahaan melalui program OKE-OCE. Kedua, anggaran belanja untuk peningkatan akses pendidikan melalui layanan KJP Plus.

Ketiga, peningkatan layanan kesehatan antara lain melalui pemenuhan universal coverage. Keempat, anggaran untuk penataan kawasan terpadu.

Kelima, anggaran penyediaan hunian layak huni terjangkau melalui program DP nol rupiah. Keenam, anggaran layanan transportasi terpadu melalui program OK-TRIP. Ketujuh, anggaran untuk transparansi pemerintahan.

"(Anggaran) untuk pemuliaan perempuan dan perlindungan anak," pungkas dia.
 


(REN)