Demokrat Ingatkan Pengacara Novanto agar di Koridor Hukum

Juven Martua Sitompul    •    Minggu, 11 Feb 2018 05:00 WIB
korupsi e-ktp
Demokrat Ingatkan Pengacara Novanto agar di Koridor Hukum
Didi Irawadi Syamsuddin. Foto: Medcom.id

Jakarta: Partai Demokrat mengingatkan, tim kuasa hukum terdakwa korupsi KTP-el Setya Novanto untuk fokus membela kliennya sesuai koridor hukum yang berlaku. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meminta kuasa hukum Novanto tidak membuat opini dalam sidang.

"Pengacara Setya Novanto fokus pembelaan hukum klien ungkapkan di koridor hukum yang benar jangan langgar etika, kepatutan, dakwaan bukan kejar opini yang alihkan kasus ini," kata Wakil Sekjen Partai Demokrat sekaligus kuasa hukum SBY, Didi Irawan Syamsuddin, dalam diskusi bertajuk 'Catatan Hitam e-KTP' di Jakarta, Sabtu, 10 Februari 2018.

Didi menegaskan, Partai Demokrat mendukung penuh penuntasan kasus dugaan korupsi KTP-el. Dia mengklaim, partainya juga mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut pihak-pihak yang terlibat, termasuk kader partainya.

"Partai Demokrat akan terus dukung yang dikerjakan KPK, tuntas terang benderang," ujar dia.

Baca: 
Pelaporan SBY Dinilai Berlebihan

Ketua Bidang Advokasi Parai Gerindra Habiburokhman menyatakan, partainya bakal mengawal KPK menuntaskan kasus KTP-el tersebut. Partai Gerindra khawatir, KPK akan digembosi karena ada nama-nama besar yang terlibat dalam kasus megakorupsi yang merugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

"Proses usut KTP-el masih di tahap awal, kita berkepentingan kawal ini agar tuntas, di perjalanan pendek ini banyak bias, kita khawatir kalau enggak kawal lengah banyak persoalan," pungkas Habiburokhman.


(AZF)