Verifikasi Pembeli Rumah DP Nol Selesai Bulan Depan

Cindy    •    Selasa, 27 Nov 2018 12:28 WIB
hunian dp 0%
Verifikasi Pembeli Rumah DP Nol Selesai Bulan Depan
Lokasi proyek perumahan DP Rp0 yang menjadi salah satu program unggulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta Dzikran Kurniawan mengungkapkan ada 2.481 orang yang mendaftar pembelian rumah dengan down payment (DP) Rp0. Saat ini proses verifikasi sedang berlangsung dan ditargetkan rampung bulan depan. 

“Diverifikasi pihak kami dan dari perbankan. Butuh waktu lama,” ucap Dzikran saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 27 November 2018. 

Dzikran memaparkan ribuan pemohon itu akan diseleksi dengan syarat warga ber-KTP DKI dan sudah tinggal selama 5 tahun di Jakarta, tidak pernah menerima subsidi rumah, belum memiliki rumah sendiri, taat membayar pajak, berpenghasilan maksimal Rp7 juta per bulan. Rumah DP Rp0 diprioritaskan pada keluarga yang sudah menikah dan wajib memiliki rekening Bank DKI. 

Baca juga: Pendaftar Rumah DP Rp0 2 Ribu Orang

“Masalah gugur ya bisa dilihat dari pengecekan syarat-syarat rumah DP nol persen, jika tidak memenuhi maka tidak bisa,” tutur dia. 

Dia menyebut pada tahap awal pihaknya hanya menjual rumah untuk 700 orang. Bila pada tahap verifikasi ada 700 lebih yang memenuhi syarat pihaknya bakal menggunakan skala prioritas dengan prinsip 5C (character, capacity, capital, collateral dan condition).
 
“Setelah diurutkan dan dicek, baru 700 itu diambil di awal. Masalah duluan saja,” ucap dia. 

Baca juga: Target 7.500 Unit Rumah DP Rp0 Baru Wacana

Dzikran meminta masyarakat yang tidak kebagian rumah di kawasan Klapa Village, Jakarta Timur tak perlu khawatir. Sebab, pihaknya bakal menyiapkan rumah di kawasan lain.


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA