Tanggul Raksasa Ditargetkan Berdiri 2,2 Km Tahun Depan

Nur Azizah    •    Jumat, 08 Dec 2017 11:44 WIB
tanggul raksasa
Tanggul Raksasa Ditargetkan Berdiri 2,2 Km Tahun Depan
Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro saat melihat pembangunan tanggul pantai di kawasan Cilincing, Jakarta Utara. Foto: MTVN/Nur Azizah

Jakarta: Pembangunan tanggul pantai national capital integrated coastal development (NCICD) ditargetkan berdiri sepanjang 2,2 kilometer pada pertengahan tahun depan. Proyek itu diharapkan dapat menghalau bajir rob yang kerap melanda Jakarta Utara.
 
Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, total tanggul yang akan dibangun sepanjang 20 kilometer di garis pantai utara Jakarta.
 
"Yang hari ini kita lihat adalah pekerjaan PU. Panjang tanggul untuk paket ini 2,2 kilometer.  Kita harapkan selesai di pertengahan tahun depan," kata Bambang di Cilincing, Jakarta Utara, Jumat, 8 Desember 2017.

Baca: Tanggul Raksasa Hindarkan Jakarta dari 2 Banjir Besar

Bambang juga memonitor perkembangan tanggul yang dikerjakan Pemprov DKI Jakarta. Ia meminta Pemprov DKI mendorong dua pengembangan untuk bekerja cepat.
 
"Kalau PU sudah jalan, tinggal yang swasta, karena swasta ini kira-kira 10 km. Mudah-mudahan Pemprov DKI memberikan payung hukum supaya mereka langsung bertanggung jawab menjaga keamanan daerahnya sendiri," terangnya.
 
Mantan Menteri Keuangan ini menyampaikan, seluruh tanggul pantai harus selesai pada 2019. Tanggul tersebut untuk menjaga Jakarta dari ancaman banjir.
 
Tanggul pantai sepanjang 20 kilometer itu dibangun oleh Kementerian Perumahan dan Pekerjaan umum, Pemprov DKI Jakarta, dan dua pengembangan dari Pembuangan Jaya Ancol dan Intiland.




(FZN)