Dinas Tata Ruang DKI Belum Petakan Apartemen Pertelaan

Haifa Salsabila    •    Selasa, 09 Jan 2018 12:04 WIB
apartemenpenerimaan pajak
Dinas Tata Ruang DKI Belum Petakan Apartemen Pertelaan
Apartemen Kalibata City menjadi salah satu apartemen pertelaan di Jakarta yang disasar Pemprov DKI sebagai objek pajak. Foto: Adam Dwi/MI

Jakarta: Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta belum mengetahui rencana Pemprov DKI yang ingin menjadikan apartemen pertelaan sebagai objek pajak. Sehingga, mereka belum memetakan jumlah dan lokasi apartemen pertelaan di Ibu Kota.

“Kita mengawasi dalam artian pada saat proses pengajuan pertelaan itu melibatkan kita. Tapi untuk dipetakan mana-mana apartemen pertelaan belum ada,” ujar Pengawasan Pemanfaatan Bangunan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Budi Widianto kepada Medcom.id di Jalan Citarum, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018

Menurut dia, apartemen selama ini telah terkena objek pajak untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Namun, ia mengaku belum tahu adanya penarikan pajak lain.

Baca: Sandi Rencanakan Apartemen Sederhana Kena Pajak

Ia menuturkan, ada beberapa apartemen yang telah dipertelaan, yakni Apartemen Windsor di Jakarta Barat, Apartemen Springhill di Jakarta Utara, dan Apartemen Graha Cempaka di Jakarta Pusat. Pertelaan adalah rincian batas-batas yang jelas dari setiap unit satuan rumah susun, bagian tertentu dari gedung, termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Menurut dia, saat ini masih banyak apartemen yang mengajukan permohanan pertelaan. Namun, hingga kini belum ada pemberitahuan mengenai objek pajak.  

Budi mengatakan, pihaknya siap melaporkan pemetaan apartemen pertelaan kepada Pemprov DKI, jika akan ditetapkan objek pajak.

“Kalau nanti perintahnya seperti itu, ya pasti kita laporkan. Tapi cuma sampai saat ini belum ada. Masih sama seperti kemarin saja kita awasi,” kata dia.

Baca: Pemprov Genjot Pajak BPHTB dari Apartemen

Pemprov DKI Jakarta akan menjadikan apartemen pertelaan sebagai objek pajak untuk menggenjot sektor pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Pemprov DKI akan mengintruksikan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan untuk menyisir jenis-jenis apartemen pertelaan di Jakarta yang belum terkena pajak. Sasarasnnya antara lain, Apartemen Kalibata City dan Apartemen Green Pramuka. 

"Itu akan jadi objek pajak juga buat kita dan akan meningkatkan BPHTB kita," ujar Sandi. 


(AZF)