Anies: Jangan Berimajinasi Soal Reklamasi

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 15 Jun 2018 07:00 WIB
reklamasi teluk jakarta
Anies: Jangan Berimajinasi Soal Reklamasi
Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Jakarta: Gubernur Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai proyek reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Menurut dia proyek tersebut tidak akan diteruskan. Ia mencibir pihak-pihak yang menganggap reklamasi berlanjut dengan disahkannya Pergub 58 Tahun 2018. 

"Tidak dilanjutkan. Jadi yang mengatakan reklamasi dilanjutkan berimajinasi, lalu mengkritik imajinasinya sendiri," kata Anies di Jakarta Barat, Kamis malam, 14 Juni 2018.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan Pergub itu dibuat untuk mengatur pengelolaan reklamasi. Artinya, hanya empat pulau yang sudah dibuat saja yang akan dikelola. Sementara 13 sisanya tidak akan diteruskan.

"Jadi mengkritik imajinasinya sendiri. Tidak ada satu pun dari isi Pergub mengatakan bahwa reklamasi dilanjutkan. Jadi saya juga heran, kok bisa ya gitu. Ini mengkritik imajinasinya sendiri. Begitu ya," tandas Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Pergub itu menjelaskan soal pembentukan organisasi dan tata kerja Badan Koordinasi Pengelolaan (BKP) Reklamasi Pantai Utara (pantura) Jakarta.

Berdasarkan Pasal 4 dikatakan BKP Reklamasi Pantura memiliki tugas mengoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan penyelenggaraan Reklamasi Pantura Jakarta. Badan ini juga bertugas untuk mengelola hasil Reklamasi Pantura Jakarta dan penataan kembali kawasan daratan Pantura Jakarta serta memberikan rekomendasi kebijakan dalam rangka penyelenggaraan, pengelolaan, dan penataan kembali kawasan daratan Pantura Jakarta.

Untuk melaksanakan tugasnya, BKP Pantura Jakarta memiliki sejumlah fungsi, yaitu mengkoordinir penyelenggaraan Reklamasi Pantura Jakarta, menyusun serta melaksanakan rencana teknis dan program pengembangan Reklamasi Pantura Jakarta.

"Fungsi itu meliputi pemanfaatan tanah pulau Reklamasi Pantura Jakarta, pembangunan, mengelola, memelihara, dan mengendalikan prasarana dan sarana Reklamasi Pantura," bunyi Pasal 4 poin 2 huruf b.


(SCI)