Pilkada Serentak 2017

Anies Baswedan: Jakarta Kota Proklamasi

Dheri Agriesta    •    Rabu, 21 Sep 2016 17:54 WIB
pilgub dki 2017
Anies Baswedan: Jakarta Kota Proklamasi
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. (Foto: MI/ Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyebut Jakarta sebagai kota proklamasi. Sebab, proklamasi pertama kali dikumandangkan di Jakarta dan warganya berkewajiban menjalankan pesan proklamasi itu.
 
"Jakarta ini harus kembali menjadi kota yang manusiawi, Jakarta itu Ibu Kota ASEAN, kota proklamasi," kata Anies saat menerima kunjungan puluhan masyarakat DKI Jakarta di kediamannya, Jalan Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).
 
Anies banyak mendengarkan keluhan masyarakat yang digusur tanpa kompromi. Anies paham tak mudah untuk menjadikan tempat baru sebagai rumah. Apalagi, rumah yang akan digusur sudah mendarah daging, menaungi si empunya untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.
 
Rumah, kata Anies, menjadi tempat untuk pulang. Pindah ke tempat baru tak pernah nyaman. Anies menegaskan, penggusuran dan persoalan lainnya harus dipikirkan bersama-sama.
 
"Tapi siapapun nanti yang ditunjuk (jadi gubernur) saya ikut menyampaikan apa yang bapak ibu sampaikan. Bapak ibu datang ke sini ini tanggung jawab moral," kata Anies.
 
Nama Anies Baswedan muncul setelah beragam hasil survei memperlihatkan popularitasnya sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta. Tapi, Anies mengaku tak pernah bicara tentang kemungkinan maju di Pilkada DKI.
 
Mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta ini berjanji akan mengabari perwakilan masyarakat jika putusan dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan keluar. Anies hanya menegaskan, jika diberikan amanat, harus dikerjakan dituntaskan.
 
"Ingat, di Jakarta, kalau mengerjakan sesuatu sampai tuntas, kecuali dicukupkan oleh yang mengangkat, itu lain cerita," kata Anies.
 
Anies menerima kedatangan puluhan perwakilan warga DKI Jakarta di pendopo. Perwakilan masyarakat ini menyampaikan aspirasi, keluhan, dan harapan. Anies lebih banyak mendengarkan. Anies berpesan, Ibu Kota DKI Jakarta harus menjadi kota yang lebih baik dan layak.
 
Kemungkinan Anies maju semakin kuat setelah calon gubernur dari Partai Gerindra Sandiaga Salahudin Uno bertemu Anies. Sandi menjelaskan, pertemuan dengan Anies membahas kemungkinan maju di Pilkada DKI. Sandi bahkan siap jika harus maju sebagai calon wakil gubernur, jika Anies bersedia jadi bakal calon gubernur.


(FZN)

Video /