Melanggar Aturan, 309 Pemilik Bangunan Dijatuhi Sanksi

Arga sumantri    •    Senin, 28 Nov 2016 16:08 WIB
bangunan disegel
Melanggar Aturan, 309 Pemilik Bangunan Dijatuhi Sanksi
Ilustrasi. Foto: Antara/Maril Gafur

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Selatan menindak 309 pemilik bangunan yang terbukti melanggar aturan. Mereka dijatuhi sanksi denda Rp1 juta - Rp50 juta setelah mengikuti sidang yustisi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat 25 November.
 
Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Chandra Saptaji mengatakan, total denda yang disetorkan untuk kas negara sebanyak Rp1,8 miliar. "Denda terbesar Rp50 juta, terkecil Rp1 juta. Hari ini kita setorkan," kata Chandra, Senin (28/11/2016).
 
Chandra menjelaskan, 309 pemilik bangunan itu didenda lantaran melanggar Perda Nomor 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung. Di antaranya bangunan tidak sesuai Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
 
Kepala Suku Dinas Penataan Kota Jakarta Selatan, Syukria mengatakan, sebenarnya ada 337 pemilik bangunan di wilayah Jakarta Selatan yang melanggar, namun baru 309 yang disidang. Mereka terjaring razia sejak Januari hingga November 2016.
 
Ia mengungkapkan, ada dua sanksi yang diberikan: sanksi denda dan sanksi pembongkaran bangunan yang melanggar. Sanksi mengacu kepada Peraturan Gubernur Nomor 128 tahun 2012 tentang Pengenaan Sanksi Pelanggaran Penyelenggaraan Bangunan Gedung.
 
Jumlah ini, kata Syukria, meningkat dibandingkan 2015. Tahun lalu, kata Syukria, pemilik bangunan yang mengikuti sidang yustisi pelanggaran bangunan gedung di Jakarta Selatan tercatat sebanyak 278 pemilik bangunan. Total denda yang terkumpul sekitar Rp 1,5 miliar.


(FZN)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

26 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA