Wakapolda Metro: Dana Hibah Rp41 M dari Pemprov untuk Operasional

Arga sumantri    •    Rabu, 30 Nov 2016 00:29 WIB
hibah air minum
Wakapolda Metro: Dana Hibah Rp41 M dari Pemprov untuk Operasional
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana. MTVN/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana memastikan dana hibah yang diberikan Pemprov DKI kepada Polda Metro Jaya digunakan untuk mendanai operasional kepolisian. Sebab, dana dari Polri tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan operasional Polda Metro Jaya.

"Ada beberapa kegiatan kepolisian yang memang anggaran dari Polri tidak cukup, lalu kita mengajukan, karena menyangkut pelayanan, keterlibatan masyarakat Jakarta, sehingga sesuai aturan di Depdagri kita boleh mengajukan (hibah) ke Pemda," ujar Suntana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (29/11/2016).

Polda Metro Jaya mendapat dana hibah dari APBD 2016 dari Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp41 miliar. Suntana mengatakan, dana tersebut digunakan untuk pengadaan barang yang dibutuhkan kepolisian. Namun, Suntana belum bisa merinci dimaksud kebutuhan tersebut.

Suntana juga belum mengecek, sudah berapa banyak dana hibak yang digunakan oleh Polda Metro Jaya selama 2016 ini. Namun, ia memastikan dana tersebut digunakan untuk kepentingan pelayanan masyarakat Ibu Kota.

"Pada prinsipnya dana hibah bukan digunakan untuk kepentingan pribadi, semua digunakan untuk keperluan pelayanan masyarakat agar tercipta rasa aman dan tertib," kata Suntana.

Sebelumnya, Plt Gubernur DKI Sumarsono mengatakan, TNI dan Polri belum mampu menyerap sepenuhnya APBD 2016. Polda Metro Jaya juga belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah 2016.

Dana hibah 2016 untuk Polda Metro Jaya sebesar Rp41 miliar. Sedangkan untuk Kodam Jaya Rp21 miliar.

"Tahun ini belum habis karena mereka gunakan dana hibah itu. Kalau nanti bisa kita alokasikan 2017, kita alokasikan. Kalau enggak ya nanti perubahan bulan Mei dan Juni kita buka," kata Sumarsono di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 28 November.

 
(SCI)