Peran Jakarta Smart City Ditingkatkan Demi Layani Masyarakat

Damar Iradat    •    Rabu, 30 Nov 2016 04:58 WIB
Peran Jakarta Smart City Ditingkatkan Demi Layani Masyarakat
Petugas beraktivitas di ruangan Jakarta Smart City di Balaikota, Jakarta. (foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peran Jakarta Smart City (JSC) akan terus ditingkatkan, dengan tujuan untuk melayani masyarakat mendapat informasi secara lebih baik lagi dan bisa memanfaatkannya lebih optimal.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Jakarta Dian Ekowati mengatakan, pihaknya tengah membangun infrastruktur dan aplikasi yang lebih lengkap.

"Hal ini guna proses penyelesaian masalah bisa lebih terkonsolidasi dan lebih cepat," ujar Dian malam penghargaan Indonesia Smartnation Award 2016, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Berita Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Pada kesempatan itu, DKI Jakarta masuk lima besar provinsi yang menerapkan Smart City menurut Citiasia Center for Smart Nation (CCSN), sebuah lembaga yang melakukan pengukuran kematangan daerah pintar di seluruh Indonesia.

Dikatakan Dian, dalam melakukan peningkatan layanan masyarakat, pihaknya membutuhkan penyempurnaan infrastruktur yang lebih besar dan canggih lagi yakni dengan membangun big data.

Ia menambahkan, tren pengembangan big data di sektor publik cukup diandalkan untuk meningkatkan pelayanan kepada warga kotanya dengan cara yang smart. Big data memiliki potensi untuk memberikan data yang akurat dan struktur.

"Saat ini kita membangun infrastruktur, mengumpulkan data-data program dari semua dinas, semuanya akan terintegrasi sehingga akan ketemu analisa dan perencanaan akan lebih baik," tandas dia.

 
(SCI)