DKI Kelola 45 Persen Lahan Pulau Reklamasi

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 29 Aug 2017 04:17 WIB
reklamasi teluk jakarta
DKI Kelola 45 Persen Lahan Pulau Reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (Foto: MI/Ramdani).

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memastikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki kewenangan khusus di pualu-pulau reklamasi. DKI memiliki presentase besar dalam mengelola fasus dan fasom pulau-pulau tersebut.

"Totalnya dikelola oleh kami itu sekitar 45 persen," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 28 Agustus 2017.

Pengembang, lanjutnya, hanya mendapatkan tanah dengan maksimal sebesar 55 persen. Sementara 45 persen sisanya, dikelola Pemprov DKI untuk kepentingan masyarakat umum.

(Baca juga: DKI bakal Bangun Penghubung antara Pulau Reklamasi dengan Tangerang)

Djarot menjelaskan, dari 45 persen luas lahan yang dikelola Pemprov DKI, 20 persen di antaranya akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH). Ada pula lahan yang akan dijadikan ruang terbuka biru (RTB), yakni waduk dan bendung-bendung untuk menangkap air sebanyak 5 persen.

Sementara 5 persen lainnya diserahkan dalam bentuk lahan. Sedangkan 15 persen sisanya merupakan kontribusi tambahan dari pengembang yang akan dikelola Pemprov DKI sebagai pemegang sertifikat hak pengelolaan lahan (HPL).

Hingga kini Pemprov DKI Jakarta masih menunggu pembahasan rencana peraturan daerah (Raperda) soal reklamasi di DPRD. Djarot menyerahkan sepenuhnya hal tersebut kepada DPRD DKI.

"Tergantung dari pembahasan DPRD juga kan. DPRD mau enggak? Kalau mau monggo, kalau enggak mau juga enggak apa-apa," tutup Djarot.


(HUS)

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

50 minutes Ago

Usai menjalani pemeriksaan awal di KPK, tersangka kasus korupsi KTP-el Setya Novanto ditempatka…

BERITA LAINNYA