SKPD DKI Takut Mengambil Keputusan

Nur Azizah    •    Kamis, 06 Dec 2018 13:21 WIB
pemprov dki
SKPD DKI Takut Mengambil Keputusan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui anak buahnya banyak yang takut mengambil keputusan. Bahkan, kebijakan yang seharusnya tanggung jawab kepala bidang dilimpahkan ke Anies.
 
"Salah satu yang saya amati perjalanan satu tahun di Pemprov adalah kebanyakan ingin melimpahkan semua keputusan kepada gubernur. Meskipun wewenangnya ada pada kepala dinas," kata Anies di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.
 
Anies menuturkan, bila kepala bidang hingga kepala dinas takut mengambil keputusan bisa berakibat fatal. Salah satunya, minimnya kegiatan yang berujung pada rendahnya serapan anggaran.
 
"Karena keputusan level kepala bidang dilimpahkan ke kepala dinas, kepala dinas dilimpahkan kepada gubernur. Nah, kalau tidak ada keberanian mengambil keputusan, maka program-program kita akan terbatas pelaksanaannya," ungkap dia.

Baca: SKPD DKI Dinilai Penakut

Saat ditanya SKPD yang tak berani mengambil keputusan, Anies enggan menyebut. Dia hanya bilang banyak dan umum seperti itu.
 
Menurut Mantan Mendikbud ini, menyatakan, sikap itu bukan setahun dua tahun terakhir, tapi sudah terjadi lama. Karena itu, Anies bakal memilih kepala dinas yang berani mengambil keputusan.
 
"Keberanian itu bukan karena melawan hukum justru karena hukum itu mengizinkan tapi dia tidak mengambil keputusan," pungkas dia.




(FZN)