KPAI Ingin Wujudkan Mudik Ramah Anak

Siti Yona Hukmana    •    Jumat, 08 Jun 2018 11:51 WIB
Mudik Lebaran 2018
KPAI Ingin Wujudkan Mudik Ramah Anak
Ketua KPAI Susanto--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ingin mewujudkan mudik dengan kereta pada lebaran 2018 ramah terhadap anak. Pasalnya, mudik menggunakan kereta sudah menjadi tradisi dan pilihan sebagian masyarakat Indonesia.

Ketua KPAI Susanto mengaku, tujuan stasiun ramah anak yaitu untuk meminimalisir korban kecelakaan, hilang, penuculikan, mengonsumsi jajanan dan makanan yang tidak aman dan pencopetan. 

Untuk itu, Susanto mengimbau PT Kereta Api Indonesia (KAI) agar memastikan dan menjamin keselamatan dan layanan yang handal terhadap penumpangnya.

"Dengan demikian, pemudik termasuk anak dapat melangsungkan mudik lebaran dengan aman, nyaman dan segala bentuk potensi membahayakan anak bisa dicegah sedini mungkin," kata Susanto di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Juni 2018.

Selain imbuan kepada KAI, Susanto juga mengharapkan para pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api agar selalu menjaga, mengawasi dan memastikan keselamatan anak dari segala potensi bahaya yang dapat mengancam setiap saat. 

"Mengimbau agar orangtua memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan, kenyamanan dan kesehatan anak saat perjalanan mudik berlangsung. Siapkan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan. Obat-obatan seperti; minyak angin, flu, gatal-gatal adalah beberapa obat yang dibutuhkan sepanjang perjalanan," ujar Susanto.

Baca: Mudik Gunakan Motor Membahayakan Keselamatan Anak

Tak hanya itu, Susanto juga ingin para pemudik tertib dalam stasiun maupun dalam kereta. Ia meyakini, suasana mudik lebaran membuat stasiun semakin padat.

"Jika suasana padat, dipastikan anak tidak ikut berdesak-desakan. Jika kondisi memaksa berdesak-desakan, PT KAI agar memastikan keamanan anak agar tidak rentan menjadi korban dari segala bentuk potensi kejahatan," ungkapnya.

Sementara untuk anak tetap nyaman, Susanto mengajak para orang tua untuk membawakan mainan. "Siapkan mainan seperlunya seperti; bacaan cerita, bacaan edukatif lainnya, agar tidak jenuh selama mudik lebaran," pungkasnya.


(YDH)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA