Pemprov DKI tak Lanjutkan Pembangunan RTH pada 2018

Fachri Audhia Hafiez    •    Jumat, 07 Sep 2018 11:46 WIB
ruang terbuka hijau
Pemprov DKI tak Lanjutkan Pembangunan RTH pada 2018
Kepala Dinas Kehutanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak melanjutkan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah Ibu Kota. Pembangunan baru akan dilaksanakan pada 2019.

Kepala Dinas  Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Djafar Muchlisin menjelaskan, tahun ini pemprov menjalankan program focus group discussion (FGD) dengan masyarakat. Hal ini guna mendengarkan pendapat dari masyarakat setempat mengenai RTH yang dibutuhkan.

"Kita tidak desain sendiri oleh dinas, tapi melibatkan warga masyarakat untuk menentukan bentuk dan jenis (RTH) apa saja yang diperlukan, jadi diskusi dengan masyarakat setempat," kata Djafar saat dihubungi Medcom.id di Jakarta, Jumat, 7 September 2018.

Djafar membeberkan, sebanyak 10 RTH di sepuluh lokasi rencananya akan dibangun mulai 2019. Kesepuluh lokasi itu diantaranya, Jalan Penggilingan Baru, Kramat Jati, Jakarta Timur; Jalan Madrasah Bawah, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan; serta Jalan Kendal, Rorotan, Cilincing Jakarta Utara.

"Kemudian Kampung Baru, Kembangan, Jakarta Barat; Jalan Suakarsa, Pondok Kelapa Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur; Kampung Jati, Rambutan, Ciracas, Jakarta timur," sambung Djafar.

Selanjutnya, Jalan Lapangan Tembak, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta timur; Jalan SMU 99, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur; Jalan Assakinah, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan Jalan Gunung Balong II, Lebak bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Tahun ini sudah harus selesai FGD-nya. Jadi tahun depan tuh sudah tinggal pelaksanaan pembangunannya," jelas Djafar.


(YDH)