Pengemudi Masih Banyak Melanggar di Perluasan Ganjil Genap

Siti Yona Hukmana    •    Rabu, 08 Aug 2018 01:35 WIB
asian games 2018sistem ganjil genap
Pengemudi Masih Banyak Melanggar di Perluasan Ganjil Genap
Petugas menilang pelanggar ganjil genap - MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Pengemudi masih banyak yang melanggar di wilayah perluasan sistem ganjil genap. Mereka berdalih tak mengetahui adanya perluasan ganjil genap.

"(Alasannya) sangat subjektif lah ada yang bilang rambunya engga keliatan, ada yang bilang lupa tanggal, ada yang bilang tidak tahu lokasi yang menerapkan ganjil genap," kata Kasubdit Bin Gakkum Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada Medcom.id, Selasa, 7 Agustus 2018.

Budiyanto menegaskan pihaknya tetap akan menindak para pelanggar. Penindakan itu yakni berupa penilangan dan teguran. Itu salah satu upaya polisi untuk memberikan pengetahuan kepada pengemudi.

"Upaya lain adalah preventif, yakni bagaimana kita memberi suatu pemahaman kepada masyarakat untuk tertib kepada lalu lintas, sosialisasi, security dan lain sebagainya," ungkap dia.

Baca: Ribuan Pelanggar Ganjil Genap Ditilang

Budiyanto berharap masyarakat segera memahami perluasan ganjil genap ini. Sehingga, ke depannya tak ada lagi pengemudi yang melanggar.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan perluasan ganjil genap ini diberlakukan untuk mengatasi kemacetan saat Asian Games pada Agustus 2018. Ia belum dapat memastikan apakah ke depannya perluasan ini akan terus diterapkan atau tidak.

"Kita hanya fokus ke Asian Games, kalau setelah itu kita evaluasi lagi," kata Yusuf.


(AZF)