Pemimpin Task Force Pembangunan Kepulauan Seribu Harus Punya Jiwa Kemaritiman

Intan fauzi    •    Minggu, 12 Nov 2017 12:37 WIB
keppres tiongkokkepulauan seribu
Pemimpin <i>Task Force</i> Pembangunan Kepulauan Seribu Harus Punya Jiwa Kemaritiman
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno-Metrotvnews.com/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai keberadaan task force amat penting untuk membangun Kepulauan Seribu. Sebagai bagian dari Provinsi DKI Jakarta yang berbentuk kepulauan, Kepulauan Seribu perlu perhatian khusus.

"Dan itu emang ide kita untuk membangun Kepulauan Seribu sebagai kawasan pembangunan mandiri berbasis eco tourism, maritim dan kelautan," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu 12 November 2017.

Untuk pemimpinnya pun, kata Sandi, tidak boleh sembarangan. Pemimpin tim percepatan pembangunan Kepulauan Seribu harus punya jiwa kemaritiman. "Jadi yang mesti memimpin yang betul-betul mengerti," ujar Sandi.

Jiwa maritim diperlukan, karena pembangunan kepulauan berbeda dengan daratan. Output yang ingin dihasilkan dari pembentukan task force tentunya kepuasan warga Kepulauan Seribu.

"Kata Pak Anies ingin masyarakat bilang bahwa mereka merasa beruntung tinggal di Kepulauan Seribu," ungkap Sandi.

Baca: Anies Bentuk Tim Percepatan Pembangunan Kepulauan Seribu

Sandi belum bisa memastikan siapa pemimpin task force nanti. Yang penting, kata dia, pemimpinnya harus memiliki komitmen membangun Kepulauan Seribu. "Pokoknya hatinya komit terhadap kemaritiman dan pembangunan kawasan Kepulauan Seribu sebagai island of love," tuturnya.

Ia rencananya akan membicarakan lagi soal wacana itu pada Rapim besok 13 November 2017. "Mestinya prioritas ya karena salah satu dari 23 rencana kerja kita," tegas Sandi.

Baca: Warga Kepulauan Seribu Tagih Janji Anies

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan membentuk tim percepatan pembangunan Kepulauan Seribu. Tim ini akan menampung semua keluhan warga Kepulauan Seribu.
 
"Kita akan membuat semacam task force, desk khusus yang akan menginventarisir, nomor satu masalah yang dirasakan warga," kata Anies saat kunjungan kerja di Pulau Pramuka, Sabtu 11 November 2017.

Anies menjelaskan, tim ini akan fokus pada pembangunan pelayanan dasar masyarakat. Tim ini juga bertugas membuat strategi khusus untuk pembangunan Kepulauan Seribu.
 
Tim juga akan menggodok pembenahan sumber daya manusia (SDM) Kepulauan Seribu. Tujuannya agar SDM Kepulauan Seribu siap menerima investasi dari luar.
(YDH)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

44 minutes Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA