Anies Pastikan tak Ada Lagi Pembahasan Reklamasi

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 15 Dec 2017 11:25 WIB
reklamasi teluk jakarta
Anies Pastikan tak Ada Lagi Pembahasan Reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MTVN/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tidak ada lagi pembahasan reklamasi Teluk Jakarta. Dirinya telah mencabut dua raperda yang mengatur pembangunan pulau di pantai utara Jakarta itu.
 
Anies mencabut Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis (RTKS) Pantai Utara Jakarta dan Raperda  Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).
 
"Dengan dicabutnya Raperda ini maka tidak ada pembahasan di tahun 2018," kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Desember 2017.
 
Anies akan membentuk tim untuk mengkaji konsep penataan pantai utara Jakarta. Konsep penataan itu akan termaktub dan disusun dalam Raperda yang baru.
 
"Kita sudah mempersiapkan tim untuk membuat rumusan konsep penataan yang akan diterjemahkan dalam bentuk rancangan Perda yang baru," ujarnya.

Baca: Anies Pertimbangkan Saran Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta

Rancangan penataan pantai utara Jakarta, kata Anies, akan menekankan penataan pantai publik yang bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat. Bagaimana konsepnya? Anies masih menunggu kajian dari tim yang akan ia bentuk.
 
"Kita pastikan, semua sesuai janji kita. Kami akan memanfaatkan seluruh wilayah pantai Jakarta untuk kepentingan rakyat, terbuka untuk semua lapisan masyarakat. Bukan hanya untuk sektor komersil," ujarnya.
 
Permintaan pencabutan dua Raperda ini sudah dikirim Anies ke DPRD DKI pada 22 November 2017. Hal itu untuk membatalkan dua Raperda yang sebelumnya pernah diajukan Gubernur DKI sebelumnya Djarot Saiful Hidayat pada 6 Oktober 2017.
 
Djarot saat itu mendesak DPRD DKI segera membahas dan mengesahkan dua Raperda itu. Pasalnya, moratorium reklamasi pantai Utara Jakarta sudah dicabut oleh pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.




(FZN)