Kakorlantas Ingin Jakarta Seperti Amerika

Siti Yona Hukmana    •    Senin, 12 Mar 2018 13:50 WIB
macet jakartasistem ganjil genap
Kakorlantas Ingin Jakarta Seperti Amerika
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa ingin lalu lintas di Jakarta seperti Amerika Serikat. Royke ingin Jakarta menerapkan transportasi sehat merakyat.
 
Royke menyebut pemberlakuan ganjil genap bagian dari transportasi sehat merakyat. Selain mengurangi kemacetan juga untuk mendorong masyarakat beralih ke moda transportasi lain.
 
"Kami sedang mengemborkan aktif transportasi. Misalkan, seperti Amerika itu di sana sudah lama digelar yang namanya transportasi sehat merakyat," kata Royke di Pintu Tol Bekasi Barat 1, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Barat, Senin, 12 Maret 2018.
 
Menurutnya untuk merealisasikan transportasi sehat merakyat, ada tiga moda yang harus diterapkan. Berjalan kaki, bersepeda dan angkutan umum.
 
"Untuk sepeda ini tentu konsekuensi logisnya pemerintah harus menyiapkan sarana dan prasarananya. Kemudian untuk pejalan kaki, trotoar harus aman," ujar dia.

Baca: Kerugian Akibat Macet Jakarta Rp185 Triliun
 
Hal yang utama adalah masalah angkutan umum. Menurutnya perlu ada sosialisasi kepada masyarakat supaya segera beralih ke angkutan umum.
 
"Transportasi sehat merakyat ini perlu digalakkan. Yang paling utama angkutan umum harus diberikan insentif, subsidi yang besar sehingga masyarakat terangsang, terpengaruh untuk naik angkutan umum, sepeda atau berjalan kaki," kata Royke.




(FZN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA