Kini Giliran PKL Kota Tua akan Diberi Ruang

Whisnu Mardiansyah    •    Sabtu, 30 Dec 2017 05:47 WIB
pedagang kaki lima (pkl)pkl
Kini Giliran PKL Kota Tua akan Diberi Ruang
Pedagang kaki lima (PKL) dan pengendara motor serta angkot memadati bahu jalan di kawasan Kota Tua, Jakarta. (DOK MI/KONI)

Jakarta: Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana akan memfasilitasi pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Kota Tua seperti halnya di kawasan Tanah Abang. PKL akan dibuatkan lapak untuk mereka bisa berjualan.

"Ini yang ada di depan mata Kota Tua sebenarnya. Yaitu pengusaha kecil mandiri yang kemarin direlokasi," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 29 Desember 2017.

Pemprov DKI telah menginvestasikan anggaran sebesar Rp18-20 miliiar untuk membuat tempat penampungan mereka. Selama ini, PKL di Kota Tua mengeluh omzet mereka menurun selama direlokasi dari kawasan Kota Tua.

"Jadi kami mungkin prioritas berikutnya di Kota Tua," ujarnya.

Sandi menambahkan tidak semua lokasi yang menjadi titik PKL akan diperlakukan sama seperti di Tanah Abang. Memberi ruang untuk PKL dilakukan sesuai kebutuhan dan memastikan lapangan kerja tetap terjaga.  

"Penataan itu harus berbasis kearifan masing masing lokal. Belum tentu yang di Tanah Abang ini cocok di tempat lain Mungkin harus melalui pendekatan lain. Dan itu harus berdasarkan data data," ujarnya.


(LDS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA