Kawasan tak Berpenghuni di Bukit Duri Banjir

Ilham wibowo    •    Senin, 10 Jul 2017 12:00 WIB
banjir
Kawasan tak Berpenghuni di Bukit Duri Banjir
Banjir di kawasan Bukit Duri. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Kawasan RT 01 hingga 04, RW 12, Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, banjir setinggi 50 sentimeter (cm). Mayoritas penghuni di empat rukun tetangga itu sudah pindah ke Rumah Susun Rawa Bebek.

Relokasi warga Bukit Duri untuk merealisasikan normalisasi Sungai Ciliwung. Bangunan masih ada di sana, namun akan dibongkar pada Selasa 11 Juli.

Pantauan Metrotvnews.com sekitar pukul 10.00 WIB, air masih membanjiri kawasan tak berpenghuni ini. Beberapa warga sibuk mengambil bagian dari bangunan yang masih bisa dimanfaatkan atau dijual.

Klik: Selamat Tinggal Bukit Duri

Suratmin, warga, mengatakan, air Sungai Ciliwung naik setelah hujan deras di hulu. Serapan air di sepanjang aliran sungai juga memengaruhi luapan.

"Air kali sudah naik sejak semalam," kata Suratmin kepada Metrotvnews.com, Senin 10 Juli 2017.

Menurut dia, hanya empat RT di Bukit Duri yang masih banjir. Ia berharap, normalisasi Sungai Ciliwung bisa menyelesaikan masalah banjir. "Semoga ini tahun terakhir banjir di Bukit Duri," ujar Suratmin.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan telah menerbitkan surat peringatan ketiga (SP 3) untuk warga RT 1 hingga RT 4, RW 12, Bukit Duri. Surat itu disampaikan kelurahan setempat pada Rabu, 5 Juli.

Beberapa pekan ini, warga berkemas kemudian membongkar sendiri bangunan mereka dan dibantu anggota Satpol PP dalam proses pemindahan barang. Tercatat 338 KK dari 355 peta bidang telah menerima relokasi penggantian Rusun. Sebanyak 17 KK tidak berkenan menempati rusun karena punya rumah.

 


(TRK)