Pemprov DKI akan Konsinyasi Lahan di Waduk Brigif

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 18 Oct 2016 20:24 WIB
banjir jakarta
Pemprov DKI akan Konsinyasi Lahan di Waduk Brigif
mpat unit ekskavator yang digunakan untuk mengeruk proyek Waduk Brigif. (Foto: Metrotvnews.com/Whisnu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI akan mengebut pembangunan Waduk Brigif di Cipedak, Jakarta Selatan. Namun, masih ada sejumlah lahan yang belum dibebaskan karena belum menemui kesepakatan antara Pemprov dan pemilik lahan.

Salah satu warga di sekitar Waduk Brigif, Usman, mengatakan masih ada warga yang  menginginkan lahannya dibeli dengan nilai jual pasaran saat ini. Sementara nilai harga yang ditawarkan Pemprov jauh dari harga pasaran.

"Pemprov mau beli dengan NJOP dulu sekitar Rp2 juta sampai Rp3 juta per meter. Kita maunya harga pasaran sekarang," kata Usman kepada Metrotvnews.com, di Jalan Haji Aselih RT 16/01 Cipedak, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Menurut Usman, jika dibayarkan dengan harga NJOP dulu, warga akan kesulitan mencari lahan pengganti. Karena biaya ganti rugi dari Pemprov tidak mencukupi untuk membeli lahan baru saat ini.

Sementara dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan menjelaskan, jika harga lahan sudah ditetapkan dan sudah keluar nilai jual properti dan bangunannya (Appraisal).

"Kita tetap mengacu pada appraisal. Artinya yang menjadi kepentingan umum. Warga sah-sah saja ajukan gugatan. Kita sudah keluar appraisal," kata Teguh saat dihubungi Metrotvnews.com.

Jika warga tetap menolak dan tak mau menjual lahannya, Pemprov akan melakukan konsinyasi. Artinya, Pemprov akan membayar ganti rugi ke Pengadilan Negeri demi kepentingan umum yang lebih luas.

"Kita sudah lakukan sosialisasi musyawarah. Kita konsinyasi, pekerjaan proyek tetap harus jalan. Mereka berhadapan di Pengadilan Negeri," kata Teguh.

Dinas Tata Air DKI Jakarta rencananya tahun ini akan memaksimalkan fungsi tiga waduk besar yang ada di Jakarta Selatan. Hal tersebut guna mengatasi banjir yang kerap merendam kawasan Jakarta Selatan. Tiga waduk tersebut adalah Waduk Rawaminyak, Waduk Jagakarsa dan Waduk Brigif.


(LDS)