Naturalisasi Sungai di Jakarta belum Sentuh Kota Penyangga

Fachri Audhia Hafiez    •    Jumat, 14 Sep 2018 14:44 WIB
kali ciliwungnormalisasi ciliwung
Naturalisasi Sungai di Jakarta belum Sentuh Kota Penyangga
Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Rodia Renaningrum - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mencanangkan program naturalisasi sungai. Namun, program tersebut belum menyentuh kota pinggiran Jakarta sebagai hulu sungai.

"Sekarang belum, yang saya tahu, yang mencetuskan naturalisasi kan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari gubernur lain belum. Kemarin baru ada rapat pendahuluan," ujar Sekretaris Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Rodia Renaningrum di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.

Rodia menjelaskan, untuk menjalankan program naturalisasi ini, salah satu wilayah yang turut terlibat adalah Jawa Barat. Untuk melakukan kerja sama antarkota penyangga DKI tersebut, pemerintah pusat yang bakal memfasilitasi, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

(Baca juga: Pemprov DKI Perlu Inovasi untuk Mengubah Ciliwung)

"Ada peran (daerah). Ini ada singgungan dari pemerintah pusat, yang ngawinin program antara DKI dan Jawa barat," ucap Rodia.

Dia mengatakan konsep naturalisasi tak jauh beda dengan normalisasi. Konsepnya akan mengembalikan ekosistem dan biota air sesuai aslinya. 

"Kalau mengembalikan ukuran namanya normalisasi, kalau mengembalikan kondisi alam tentang di mana dulu banyak ikan gabus, nah itu namanya naturalisasi," papar Rodia.

(Baca juga: Pemprov DKI Lambat Lakukan Pembebasan Lahan Benahi Ciliwung)
 


(REN)