ASN DKI Serbu Lahan Parkir Gedung Sekitar

Media Indonesia    •    Senin, 21 Jan 2019 08:01 WIB
tarif parkir
ASN DKI Serbu Lahan Parkir Gedung Sekitar
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Jakarta: Setelah diberlakukannya pencabutan subsidi retribusi parkir di lapangan IRTI Monas bagi aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta, ASN mencari tempat lain untuk memarkir kendaraan. Setelah sebelumnya ditolak di Gedung DPRD DKI Jakarta, mereka menyasar lahan parkir Menara Multimedia Telkom yang berjarak sekitar 200 meter.

Akibatnya, pegawai yang biasa berkantor di Menara Multimedia, seperti karyawan Telkom yang masuk kerja pukul 09.00 WIB, terkena imbas. Mereka harus memarkir kendaraan di lahan parkir SDN 01 Kebon Sirih meski sudah datang sejak pukul 07.30 WIB, lantaran tempat parkir mereka ditempati ASN.

Sekitar 50 motor berpelat merah dan beberapa berpelat hitam sudah terparkir di basement gedung Menara Multimedia dari pukul 06.30 WIB pada Senin, 14 Januari 2019.
"Kemungkinan kisaran 40-50 motor dari sebelah yang berpelat merah saja," ungkap Aceng, salah satu petugas parkir Menara Multimedia.

Menurutnya, kendaraan berpelat merah tersebut diparkir dari pagi hingga sore. hari. "Rata-rata kemarin keluar sekitar pukul 16.00 sampai setengah 16.30 WIB," jelas Aceng.

Sebelum diserbu para ASN, lahan parkir di Menara Multimedia digunakan khusus untuk menampung kendaraan para pegawai Telkom yang berlangganan, serta para pengunjung.

Operator parkir Menara Multimedia, Teguh, menegaskan bila ditambah beberapa mobil ASN, kepadatan lahan parkir dinilai akan mengorbankan karyawan gedung setempat.
"Untuk karyawan saja sudah tidak tertampung, apalagi kalau ditambah," ujar Teguh.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan, pihak operator parkir terpaksa lebih ketat mengawasi dan melarang kendaraan bermotor dari beberapa ASN yang masih membandel hendak memarkir kendaraan di lahan tetangga.

"Di awal (hari Senin) memang banyak, tapi kemudian besoknya saya close. Sudah diusir-usir tidak boleh kemari selain karyawan sini," tegas Teguh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi mencabut subsidi retribusi parkir para ASN Pemprov DKI di lapangan parkir IRTI Monas. Sebelum menyerbu Menara Multimedia, ASN mencoba memarkir kendaraan mereka di lahan parkir Gedung DPRD DKI Jakarta meski sudah mendapat larangan.

Baca: Subsidi Dicabut, ASN DKI Parkir di Trotoar

Beberapa motor milik ASN Pemprov juga terlihat parkir di lahan parkir sebelah SDN 01 Kebon Sirih. Serbuan kendaraan ASN tersebut membuat parkir di gedung tersebut membeludak dan mengganggu parkir karyawan setempat.

Sejatinya, kebijakan Anies mencabut subsidi parkir bertujuan agar ASN Ibu Kota beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Sebagai pegawai Pemprov, para ASN sudah difasilitasi kartu Bank DKI yang dapat dipakai untuk menggunakan bus trans-Jakarta secara gratis.

Menurut Anies, upaya pencabutan subsidi ini merupakan langkah awal. Selanjutnya, Pemprov DKI akan memberlakukan peraturan yang lebih jelas untuk membangun kebiasaan menggunakan transportasi umum di kalangan pegawai Balai Kota DKI Jakarta. (*/J-2)


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA