Pesan Abdurrahman untuk Anies

Nur Azizah    •    Kamis, 08 Nov 2018 14:03 WIB
pahlawan
Pesan Abdurrahman untuk Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selalu mengingat pesan sang kakek Abdurrahman Baswedan. Pesan itu, yang sampai sekarang selalu dia terapkan di mana pun dan kapan pun.
 
"Beliau pesan pada saya, kalau ada waktu kosong, baca. Jangan pernah ada waktu kosong," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis 8 November 2018.
 
Abdurahman Baswedan baru saja ditetapkan sebagai pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo. Selain menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Baswedan juga dikenal sebagai jurnalis.
 
"Di rumah itu banyak sekali buku warisan beliau. Ada 5 ribu buku. Ada buku-buku warisan beliau pakai bahasa Inggris, Belanda, Arab,dan Perancis. Jadi, dia belajar terus, tidak pernah berhenti sampai akhir hayatnya," ungkap dia.

Baca: Abdurrahman Baswedan Dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional

Yang paling penting, lanjut Anies, kakeknya selalu menjalin hubungan dengan siapapun. Meski pandangannya berbeda dengan suatu hal, persahabatan jalan terus.
 
"Dia berdialog dengan siapa saja. Ketemu dengan siapa saja, pemikiran boleh berbeda tapi persahabatan jalan terus, dan cerita-cerita dialog lintas itu sering diceritakan," ungkapnya.
 
Siang ini, Anies dan ibunya, Aliyah Rasyid menerima penghargaan gelar pahlawan Nasional RI untuk Abdurahman Baswedan. Mereka berangkat bersama dari Balai Kota menuju Istana Merdeka.


(FZN)