Syarat Jika Pemprov DKI Ingin Delman Beroperasi Kembali

   •    Kamis, 23 Nov 2017 16:59 WIB
satwadki jakarta
Syarat Jika Pemprov DKI Ingin Delman Beroperasi Kembali
Sejumlah kusir delman menunggu penumpang di kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Arya Manggala)

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mewacanakan delman bisa beroperasi kembali di ibu kota. Dia menyebut delman bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di DKI Jakarta. Kawasan Monas misalnya.

Pengamat Tata Kota Nirwono Joga mengatakan rencana itu bisa saja direalisasikan. Namun ada hal-hal yang harus dipenuhi oleh Pemprov DKI sebelum memutuskan delman boleh beroperasi kembali di ibu kota.

"Pertimbangannya bicara kesehatan satwa tersebut, batasan pemanfaatan penggunaan jasa hewan, dan perlunya keseriusan instansi terkait untuk memelihara hewan tersebut," ungkap Joga, dalam Newsline, Kamis 23 November 2017.

Joga menilai pemerintah seharusnya mengatur terlebih dulu bagaimana teknis pelaksanaannya sebelum memberikan izin delman untuk beroperasi kembali. Terutama untuk menjamin kesehatan, kesejahteraan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengunjung.

Sebab di masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama pelarangan delman untuk beoperasi di ibu kota cukup beralasan. Pertama soal kebersihan di Monas dan faktor kesehatan hewan yang harus diperhatikan, salah-salah dapat membahayakan pengunjung.

Jika kemudian Pemprov DKI saat ini berwacana agar delman bisa beroperasi kembali seperti di kota-kota besar lain seperti New York, atau Melbourne, mestinya pemerintah mengelola sendiri. Mulai dari kandang, peralatan, hingga faktor kesejahteraan hewan.

"Kalau Pemprov ingin memaksimalkan ini harus tanggung jawab. Jangan mencetuskan saja tanpa mau memikirkan kandang yang representatif seperti apa. Sehingga hewan yang dipelihara sehat dan sejahtera. Tak hanya hewannya tapi juga petugasnya," jelas Joga.




(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA