Anies tak Masalah Taman di Monas Rusak Usai Pesta Tahun Baru

Eko Nordiansyah, Dea Andriani    •    Senin, 01 Jan 2018 10:22 WIB
monastahun baruanies-sandiperayaan tahun baru
Anies tak Masalah Taman di Monas Rusak Usai Pesta Tahun Baru
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah)/Antara--Aprillio Akbar

Jakarta: Perayaan pesta pergantian baru di Lapangan Monumen Nasional (Monas) menyisakan sejumlah masalah, mulai dari sampah yang berserakan hingga taman yang rusak. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak masalah dengan rusaknya taman usai pesta tahun baru. 

Menurutnya taman yang rusak bisa diperbaiki lagi dengan menanam rumput yang baru. "Kita tanamin lagi, cepat (tumbuh) kok kalau rumput. Kita tempatkan jangan sebagai garden (kebun), tapi sebagai park (taman)," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin 1 Januari 2018.

Anies menambahkan, kebun tidak digunakan untuk kegiatan karena hanya bisa disaksikan. Sedangkan taman bisa digunakan untuk melakukan kegiatan luar ruangan, seperti malam tahun baru.

"Kalau taman itu tempat bermain, tempat orang berkegiatan, itu namanya taman," kata dia.



Anies menilai rusaknya taman adalah konsekuensi yang harus diterima, karena kegiatan yang dilakukan berskala besar. Untuk itu, Pemerintah Provinsi harus siap dengan memperbaiki taman yang rusak.

"Rumput itu ditanam hidup lagi, jadi event sebesar ini kalau ada yang rusak kita tanam lagi. Konsepnya taman, bukan kebun. Kalau kebun itu untuk ditonton, tapi kalau taman untuk kegiatan, namanya kegiatan pasti ada konsekuensinya, yang penting perbaiki lagi," pungkasnya.

Baca: 25 Anak Sempat Dilaporkan Hilang di Monas

Sebelumnya, Anies mengimbau warga yang merayakan tahun baru 2018 untuk menjaga kebersihan. "Di Jakarta masalahnya sederhana sering banjir karena sampah di mana-mana. Mulai tahun baru ini kita bersihkan Monas bersama-mana," ujar Anies dalam sambutannya di Monas, Minggu, 31 Desember 2017.

Menurut dia di tahun yang baru ini, menjaga kebersihan adalah bentuk komitmen baru masyarakat Jakarta untuk menjaga kota. 

Malam tadi Anies hadir di Monas ditemani oleh Sekertaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede, Ketua TGUPP Muhamad Yusuf, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Michael, Kepala Dinkes DKI Koesmedi Priharto, serta beberapa anggota DPRD DKI.

Baca: 70 Ribu Pengunjung Memadati Monas pada Malam Pergantian Tahun

 
Monas menjadi salah satu kawasan yang dipilih masyarakat untuk menghabiskan malam pergantian tahun 2018. Puluhan ribu warga tumpah ruah malam tadi di Monas.

Panggung utama pun disediakan oleh salah satu stasiun televisi swasta yang bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menghibur masyarakat, Rhoma Irama menjadi salah satu bintang tamu yang turut memeriahkan acara.


(YDH)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

1 day Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA