Jadi Destinasi Wisata, Angkutan Pulau Seribu Minim

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 07 Apr 2015 11:07 WIB
musrenbang dki
Jadi Destinasi Wisata, Angkutan Pulau Seribu Minim
Musrenbang Kabupaten Pulau Seribu. (Foto: Lukman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Angkutan laut yang menghubungkan Jakarta dengan Kepulauan Seribu masih minim. Sampai saat ini destinasi wisata Ibu Kota itu tidak memiliki kapal yang dapat berlayar saat terjadi angin darat.
 
"Kami mau beli kapal yang bisa berlayar kapan saja. Sebab, angin darat masih menjadi kendala, jadi kita tidak bisa ke pulau-pulau. Ini ironis," kata Bupati Kepulauan Seribu, Tri Djoko Sri Margianto, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (7/4/2015).
 
Penataan pola tranportasi berupa pengadaan kapal dan dermaga Kepulauan Seribu harus menjadi prioritas. Ia meminta Pemerintah Provinsi DKI menganggarkan pembelian kapal laut, untuk memudahkan transportasi antar pulau seribu dan dari Jakarta - Pulau Seribu, juga Tangerang - Pulau Seribu.
 
"Angkutan perairan kepulauan seribu ada dua sumber, dari Jakarta dan Kabupaten Tangerang. Kapal dan dermaga harus punya standar minimum," ujar Tri.
 
Menurutnya, dermaga harus direnovasi agar bisa dikunjungi semua jenis kapal. Sebab, Pulau Seribu telah menjadi fokus destinasi wisata bahari wisatawan lokal dan luar negeri.
 
Pada saat hari libur Paskah kemarin, 9 ribu wisatawan masuk Kepulauan Seribu. Kondisi kapal-kapal penuh, "38 kapal ojeg full jalan, dari Marina swasta 32 kapal," katanya.
 
Pada tahun 2013, wisatawan yang berkunjung mencapai 1,5 juta orang. "Kenaikan sampai 100 persen, tahun 2008 hanya 800 ribu, kami prediksi akan meningkat dua kali lipat," ujarnya.
 


(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA