Anies juga Cabut Raperda Zonasi soal Reklamasi dari Prolegda

Media Indonesia    •    Rabu, 13 Dec 2017 09:30 WIB
pemprov dkireklamasi teluk jakarta
Anies juga Cabut Raperda Zonasi soal Reklamasi dari Prolegda
Foto udara pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta, Kamis (11/5/2017). Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut pembahasan Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dari Program Legislatif Daerah (Prolegda) 2018. Sebelumnya, Anies mencabut Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.  

Dalam rapat pimpinan gabungan di DPRD DKI, kemarin, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah memaparkan kembali isi surat Anies Baswedan kepada DPRD pada 22 November lalu. Isinya pencabutan surat dari Gubernur Djarot Saiful Hidayat pada 6 Oktober yang berisi usul agar DPRD melanjutkan pembahasan raperda.

(Baca juga: Pembangunan Pulau C dan D Terancam tak Diteruskan)

"Itu dulu satu paket, suratnya juga menyebut dua-duanya. Supaya tertib administrasi, saran dari rapat ditarik dulu untuk dilakukan kajian komprehensif," kata Saefullah di Gedung DPRD DKI dikutip dari Media Indonesia, Rabu 13 Desember 2017. 

Sesuai dengan aturan, pengembalian raperda itu akan dilakukan melalui rapat paripurna yang dihadiri gubernur. Sebab Raperda Zonasi masih tercantum di Prolegda 2018.

"Secepatnya (bersurat). Kami juga enggak mau menghambat pekerjaan mereka," kata Wakil Ketua Badan Pembentuk Peraturan Daerah Merry Hotma.

(Baca juga: Anies Pertimbangkan Saran Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta)
 


(REN)