DKI akan Bangun Rumah Besar Warga Binaan

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 25 Jan 2018 12:57 WIB
kesehatan mental
DKI akan Bangun Rumah Besar Warga Binaan
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta Masrokhan. Foto: MTVN/

Jakarta: Dinas Sosial DKI Jakarta berencana membangun rumah besar untuk warga binaan sosial (WBS) dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK). Gunanya, untuk memberikan edukasi agar mereka bisa mengembangkan kemampuannya.
 
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan, Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa (PSBL HS) sudah tidak mampu menampung warga binaan sosial dan penderita gangguan jiwa.
 
"Rumah besar itu tujuannya untuk mengumpulkan seluruh ODMK. Lalu kita berikan edukasi untuk membuka talenta yang mereka miliki. Bisa membuat kerajinan tangan, manik-manik, dan keset," kata Masrokhan kepada Medcom.id saat ditemui di kantornya, Jalan Gunung Sahari, Rabu, 24 Januari 2018.

Baca: Jangan Menyebut Gila pada Penderita Gangguan Jiwa

Masrokhan mengatakan hal itu dapat membuat WBS yang ada di kluster ringan bisa mandiri. Selain itu, kesehatannya akan cepat pulih.
 
"Semoga keinginan kami dari Dinas Sosial didukung Pak Gubernur (Gubernur DKI Anies Baswedan) dan cepat dapat terwujud," katanya.
 
Menurut Masrokhan, rumah besar dapat mengurangi warga binaan yang ada di panti sosial.
Masrokhan mengungkapkan total orang dengan gangguan jiwa di Jakarta hingga Desember 2017 tercatat 2.503 jiwa. Mereka terbagi dalam tiga klaster, yaitu gangguan jiwa ringan, sedang, dan berat.
 
Gangguan jiwa berat berada di PSBL I sebanyak 827 orang. Sedangkan di PSBL II kategori sedang sebanyak 1.192 orang, dan 484 orang kategori ringan di PSBL III.
 
"Sebanyak 76 persen berasal dari daerah lain," katanya.
 



(FZN)