Kecanduan Gadget Bisa Mengganggu Mental

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 25 Jan 2018 06:18 WIB
kesehatan mental
Kecanduan Gadget Bisa Mengganggu Mental
Kepala Dinas Kesehatan Koesmedi Priharto. Foto: Siti Yona Hukmana/Medcom.id

Jakarta: Penggunaan gadget yang berlebihan dinilai dapat mengganggu mental seseorang. Gadget dapat membuat individualitas pengguna tinggi.

"Kecanduan itu bukan hanya candu obat, tapi juga kecanduan bermain gadget yang mungkin efeknya belum kelihatan sekarang," kata Kepala Dinas Kesehatan Koesmedi Priharto kepada Medcom.id di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Kesehatan, Rabu, 24 Januari 2018. 

Ia mengatakan, efek dari bermain gadget muncul dalam jangka waktu lima hingga 10 tahun ke depan. Anak-anak yang kecanduan bermain gadget jarang bergaul dan lebih senang sendiri. Sehingga, tingkat egoisnya tinggi. 

Baca: 2 Juta Warga Jakarta Alami Gangguan Mental

Menurut dia, banyak orang terkena gangguan jiwa akibat tidak matang dalam berpikir sejak muda. Anak-anak sekarang, kata dia, tak lagi banyak bermain dengan teman-temannya dan menyantap makanan yang bergizi. Hal itu tak terlepas dari pengaruh gadget. 

"Anak sekarang main gadget sampai pukul 01.00 WIB hingga 02.00 WIB. Itu dapat menimbulkan stres," ujar dia.

Ia berharap anak-anak dapat diberikan hal yang positif, seperti olahraga, makanan yang bergizi dan mengurangi jam bermain gadget. Pihaknya pun akan memberikan terapi kepada onak-anak yang kecanduan gadget agar tidak terjangkit penyakit kejiwaan.

"Jika masyarakat gelisah, terus kita tidak arahkan ke arah positif, maka dia benar-benar menjadi orang gila," kata dia.
 



(AZF)