50 Personel Dishub Diterjunkan Urus Kemacetan Underpass Matraman

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 11 Apr 2018 04:00 WIB
proyek underpass
50 Personel Dishub Diterjunkan Urus Kemacetan <i>Underpass</i> Matraman
Ilustrasi underpass. MI/ Ramdani

Jakarta: Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah akan menerjunkan 50 personel di sepanjang jalan Proklamasi hingga jalan Pramuka, Jakarta Timur, besok, Rabu, 11 April 2018. Hal tersebut untuk mengatasi kemacetan panjang imbas rekayasa lalu-lintas terkait peresmian underpass Matraman.

"Besok (Rabu) kita akan pertebal dengan menerjunkan 50 anggota yang akan standby pukul setengah 6," kata Andri, saat dihubungi, Selasa, 10 April 2018.

Sebanyak 50 anggota Dishub akan disebar di titik-titik terdampak macet seperti di persimpangan Tambak menuju jalan Proklamasi maupun jalan Pramuka. Area persimpangan rawan membuat kemacetan  akibat pertemuan tiga arus lalu lintas.

"Karena memang ini jalan Matraman banyak sekali crossing-crossing," ujar dia.

Pihaknya juga akan merapatkan barrier atau pembatas Jalan di sepanjang jalan Matraman. Pembatas yang renggang seringkali dimanfaatkan pengemudi kendaraan roda dua untuk berputar balik.

“Kami buat agar enggak ada celah. Ini biang macet juga, baik dari utara ke selatan atau dari selatan ke sini,” beber dia. 

Lebih lanjut, Dishub juga berencana memperlebar lajur arus lalu-lintas dari jalan Pramuka ke arah jalan Proklamasi yang semula hanya bisa dilewati dua jalur kendaraan, menjadi tiga jalur. Sedangkan arah sebaliknya musti diperkecil lantaran tak terimbas kemacetan yang berarti. 

"Kita harus korbankan yang arah Proklamasi ke Pramuka agar lebih efektif," tukas dia.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meresmikan uji coba jalur underpass Matraman Selasa pagi. Konstruksi jalan tersebut difungsikan untuk meredam kemacetan di wilayah Pramuka-Matraman yang kerap terjadi. 

Dengan diberlakukannya jalur baru tersebut, petugas musti merekayasa lalu-lintas. Namun, simpul kemacetan justru terjadi di titik ruas jalan lainnya.


(SCI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA