Libur Sekolah Saat Asian Games Dibatalkan

Sunnaholomi Halakrispen    •    Selasa, 15 May 2018 22:13 WIB
pemprov dkiasian games 2018
Libur Sekolah Saat Asian Games Dibatalkan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan adanya perubahan jam belajar di sekolah selama Asian Games 2018 berlangsung. Hal tersebut diatur dalam peraturan gubernur (pergub).

"Anak-anak di Jakarta saat tidak belajar di sekolah mereka tidak kemudian berada di rumah. Mereka justru bergerak dan pergerakannya justru tidak bisa kita kendalikan karena kita tidak mengetahui anak SD, SMP, SMA, ke mana saja," ujar Anies di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Mei 2018.

Anies mengatakan perubahan libur Asian Games tersebut dikarenakan bakal tidak dapat memantau aktivitas siswa sekolah. Jam sekolah dinyatakan Anies berlangsung selama 7,5 jam dalam sehari. 

Baca: Pemprov DKI Matangkan Persiapan Asian Games 2018

"Kita justru berkepentingan mengendalikan pergerakan 800 ribu lebih siswa di Jakarta dan yang mengantarnya dengan cara masuk kelas paling lambat pukul 06.30 WIB. Jadi, pukul 06.30 WIB, semua sekolah sudah memulai, kemudian paling lambat mereka keluar sekolah jam 14.00 WIB," tuturnya.

Ia meyakini, keputusan tersebut menjadi cara yang tepat dalam mengendalikan aktivitas siswa sekolah. Kemudian, untuk menumbuhkan partisipasi siswa dalam Asian Games, Anies katakan bakal ada undangan.

"Anak-anak sekolah juga nanti secara bertahap diundang untuk mengikuti agar bisnya nanti disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta," ucap Anies.

Baca: Wapres Khawatir Aksi Teror Mempengaruhi Asian Games

Terkait jadwal kerja pegawai negeri sipil (PNS) di saat berlangsungnya Asian Games, Anies menyerahkan sistem tersebut kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Kita akan mengusulkan kepada kementrian PAN-RB untuk mengatur jam kerja PNS di saat Asian Games. Sehingga pergerakan PNS juga terkontrol dan terkendalikan. Ada hari-hari di mana agar itu akan padat, di hari awal," pungkasnya.


(DMR)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA