Sanksi untuk Pembuang Sampah Sembarangan di CFD

Deny Irwanto    •    Minggu, 16 Jul 2017 09:40 WIB
car free day
Sanksi untuk Pembuang Sampah Sembarangan di CFD
Pengunjung yang membuang sampah sembarangan dibawa ke posko/MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Para pengunjung area car free day di kawasan Bundaran Hotel Indonesia atau ruas Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin tidak boleh membuang sampah sembarangan. Kepala Seksi Pengawas Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Prihatma mengatakan, anggotanya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) bagi yang terlihat membuang sampah sembarangan.

"Ada denda dan sanksi yang sudah kami persiapkan sesuai Perda Nomor 3 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah, pasal 130," kata Prihatma di Posko kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juli 2017.

Prihatma menjelaskan, pengunjung yang terjerat OTT dijatuhi denda minimal Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Pengunjung yang tidak bisa membayar denda akan diminta memungut sampah di sekitaran bundaran Hotel Indonesia dengan pendampingan petugas.

Saat menjalankan hukuman, orang yang terjerat OTT juga harus menggunakan 'label' bertuliskan 'saya berjanji tidak akan membuang sampah sembarangan lagi'.

"Yang bayar itu memang sudah dewasa, kalau tidak bisa bayar dia kena sanksi sosial, harus memungut sampah. Kemudian ada anak kecil juga disuruh nyanyi Indonesia Raya, supaya efek jera saja, kan dilihat teman-temannya dia kan malu," jelas Prihatma.

Prihatma mengatakan, hingga sekitar pukul 08.30 WIB, pihaknya sudah menangkap tangan delapan orang yang membuang sampah sembarangan.

"Yang ditangkap bervariasi, tapi kebanyakan memang anak-anak SMA ke bawah, tadi ada dua orang dewasa juga," ucap Prihatma.


(OJE)