Kedatangan Murid SD, Patung Telanjang di Istana Merdeka Ditutup

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 17 May 2017 16:42 WIB
istana negara
Kedatangan Murid SD, Patung Telanjang di Istana Merdeka Ditutup
Salah satu patung telajang di Sitana Presidendiberi kain batik. Foto: MTVN/Achmad Zulfikar Fazli.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pihak Istana Kepresidenan menutup patung telanjang yang terpajang di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Patung wanita yang tengah memegang sanggul itu ditutup dengan kain batik berwarna coklat.
 
Penutupan itu karena di lokasi itu akan berlangsung acara gemar membaca dalam rangka Hari Buku Nasional bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Acara ini dihadiri siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).
 
Acara gemar membaca dijadwalkan berlangsung pada Rabu, 27 Mei 2017, sekira pukul 16.00 WIB. Acara ini rencananya akan dihadiri Najwa Shihab sebagai Duta Membaca.
 
Di Istana Merdeka memang ada beberapa patung telanjang. Penutupan patung tersebut juga sempat dilakukan saat kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud.
 
Dikutip dari PresidenRI.go.id, patung telanjang banyak bertebaran di Istana Kepresidenan karena Presiden pertama RI, Soekarno, terkenal sebagai penggila seni. Tak hanya di Jakarta, patung telanjang juga banyak ditemui di Istana Bogor.
 
Patung itu merupakan karya seni bernilai tinggi. Berbagai karya seni seperti patung Presiden Yugoslavia, Josef Broz Tito, patung Sarinah karya Trubus, dan patung kepala Sang Budha dari Myanmar tampak menghiasi sisi ruang perpustakaan.
 
Sementara di ruang kerja Bung Karno terdapat lukisan upacara perkawinan Rusia karya Makowski, lukisan flamboyan karya Addolf, patung Jatayu Merah, patung Wayang dari uang kepeng, keramik Thailand, dan keramik hadiah Perdana Menteri Uni Sovyet, Nikita Khruschev.
 


(FZN)