Guru Bermasalah Bakal Dinonaktifkan

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 11 Oct 2018 13:07 WIB
pilpres 2019
Guru Bermasalah Bakal Dinonaktifkan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menertibkan guru-guru di lingkungan Ibu Kota. Hal ini menyusul laporan terkait guru SMA Negeri 87 Jakarta yang mendoktrin siswa untuk membenci presiden. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengambil kebijakan untuk menonjobkan guru tersebut.

"(Guru) Akan ditarik segera. Akan dihentikan dari mengajar di kelas. Kalau status kepegawaian ada aturannya," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktoner 2018.

Prinsipnya, kata dia, guru bermasalah akan ditarik dari lingkungan sekolah. Tenaga pengajar itu tidak diperbolehkan mengajar terlebih dulu. Supaya tidak ada interaksi antara dia dan para siswa.

"Ada proses pendisiplinan, sehingga aman buat semua," imbuh Anies.

Baca: Anies Ancam Beri Sanksi Oknum Guru tak Netral

Namun, ia tak serta merta memecat guru itu. Sebab, ada aturan kepegawaian yang menjamin keberlangsungan jabatan sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Yang jelas, ujarnya, guru akan ditarik dari interaksi dengan siswa sampai proses pendisiplinan tuntas.

Kepala sekolah SMA 87 Jakarta Patra Patria sebelumnya merespons isu terkait guru berinisial NK yang diduga mendoktrin siswa. Patra menyebut guru itu telah meminta maaf, disaksikan tiga wakil kepala sekolah dan kepala tata usaha.

Dugaan doktrinisasi ini bermula ketika NK yang merupakan guru SMA 87 Jakarta mengumpulkan siswa dan memperlihatkan video gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Di tengah penayangan video itu, NK bertanya penyebab musibah tersebut.

"Kemudian ibu guru itu bertanya kepada muridnya. Ini salah siapa? Salah pemerintah. Salah Jokowi," kata orang tua murid itu meniru ucapan guru.

NK kemudian meminta siswanya tidak memilih Jokowi di Pilpres 2019. Cerita ini kemudian viral di media sosial.

Patra menyampaikan Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menjatuhkan sanksi kepada NK. Namun, belum diketahui saksi apa yang akan diberikan.


(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA