Waduk Brigif Bakal Tampung Luapan Kali Krukut

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 18 Oct 2016 19:08 WIB
banjir jakarta
Waduk Brigif Bakal Tampung Luapan Kali Krukut
mpat unit ekskavator yang digunakan untuk mengeruk proyek Waduk Brigif. (Foto: Metrotvnews.com/Whisnu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta akan memaksimalkan pembangunan waduk dan embung di Jakarta Selatan. Pasalnya, wilayah ini kerap menjadi langganan banjir imbas meluapnya Kali Krukut.

Salah satu yang bakal dikebut adalah pembangunan Waduk Brigif di Keluarahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Waduk yang sudah digagas sejak zaman Gubernur Sutiyoso itu kini mangkrak pembangunannya.

Dinas Tata Air DKI Jakarta memastikan, tahun ini proyek pembangunan Waduk Brigif akan tuntas. Proyek pengerukan lahan baru sekitar sembilan hektare, dari total sebelas hektare yang direncanakan.

Waduk Brigif akan dikeruk dengan kedalaman ideal. Hal itu dilakukan untuk bisa menampung debit air yang lebih besar dari aliran sungai di Kali Krukut.

"Kita pakai standar minimal lima meter," kata Kepala Dinas Tata Air DKI Teguh Hendarwan kepada Metrotvnews.com, Selasa (18/10/2016).

Luapan Kali Krukut di Jakarta Selatan kerap merendam beberapa wilayah, seperti Kemang dan Cipete. Dengan adanya Waduk Brigif, Teguh berharap tidak akan terjadi lagi luapan Kali Krukut.

"Itu nanti kita buang (luapan Kali Krukut) ke sana. Dibuat tampungan kita. Kita mau prioritaskan penuntasannya," jelas Teguh.

Dinas Tata Air DKI rencananya tahun ini akan memaksimalkan fungsi tiga waduk besar yang ada di Jakarta Selatan. Itu dilakukan untuk mengatasi banjir yang kerap merendam kawasan Jakarta Selatan. Tiga waduk tersebut adalah Waduk Rawaminyak, Waduk Jagakarsa dan Waduk Brigif.


(LDS)