Pemprov DKI Mulai Pangkas Pohon di Jalan Sudirman-Thamrin

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:32 WIB
trotoar
Pemprov DKI Mulai Pangkas Pohon di Jalan Sudirman-Thamrin
Petugas mulai memangkas pohon - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memangkas pohon yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Pemangkasan menyusul persiapan pelebaran trotoar. 

"Itu dalam rangkaian pelebaran trotoar. Setelah dipangkas selanjutnya akan dipindahkan," kata Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Djafar Muchlisin saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu 11 Oktober 2017.

Nantinya, pembatas antara jalur lambat dan cepat tidak ada lagi, tetapi berganti dengan trotoar yang diperlebar. Salah satu petugas yang ditemui di lapangan mengaku, pemangkasan pohon juga untuk antisipasi pohon roboh jelang musim hujan. 

Pantauan Metrotvnews.com, sebanyak 5-6 enam orang memotong satu pohon. Seorang pejalan kaki yang kebetulan melintas, mengaku mendukung langkah Pemprov DKI Jakarta. 

Menurut dia pelebaran trotoar sudah harus dilakukan, karena pejalan kaki semakin banyak. Namun hal itu juga harus diimbangi dengan fasilitas umum yang memadai.

"Kalau jalan kaki saja dari ujung ke ujung, selain ada trotoar bagus ya harus ada tukang urutnya," kata dia sambil bercanda.

(Baca juga: Gubernur Baru DKI Diminta Tinjau Ulang Revitalisasi Trotoar Sudirman-Thamrin)


Pohon mulai dipangkas - MTVN/M Sholahadhin Azhar


(Baca juga: Revitalisasi Trotoar Sudirman-Thamrin Rampung Agustus 2018)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mencanangkan program #TrotoarKita di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 8 Oktober 2017. Pencanangan itu sekaligus memulai proyek revitalisasi trotoar sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Dari Patung Pemuda sampai dengan Patung Kuda sejauh 6,6 kilometer segera kita benahi, lebar trotoar antara 8-11 meter," kata Djarot, Minggu 8 Oktober 2017.

Ia menargetkan pada Asian Games, Agustus 2018 trotoar Sudirman-Thamrin sudah rampung direvitalisasi. Dalam perubahan ini, Djarot memastikan trotoar akan semakin rindang oleh pohon.

"Di sepanjang trotoar akan lebih banyak jumlah pohon yang nanti kita akan nikmati bersama. Sekarang ada 1.670 pohon, setelah kita revitalisasi ada 1.950 pohon," jelas Djarot.

Ia sekaligus membantah kabar kalau penataan trotoar bakal mengurangi jumlah pohon. Malah, lanjut Djarot, pohon yang berada pada pembatas jalur cepat dan jalur lambat akan dipindahkan ke trotoar. "Yang sudah ada tidak akan ditebang, kecuali yang sakit akan ditanam pohon baru," jelas Djarot.
 


(REN)