KPU DKI Kembalikan Hibah Rp67 Miliar

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:11 WIB
kpupilkada serentak
KPU DKI Kembalikan Hibah Rp67 Miliar
Ketua KPU DKI Sumarno dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/LB Ciputri Hutabarat.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengembalikan dana hibah sebesar Rp67 miliar. Dana itu adalah sisa penggunaan dana untuk Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

"Dari Rp478 miliar yang kami terima dan sekarang kami mengembalikan Rp67 miliar," kata Ketua KPU DKI Sumarno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2018.

Selain mengembalikan dana, Sumarno juga meminta kembali pemerintah DKI membantu dana Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. KPU DKI memerlukan dana untuk menambah tim ad hoc dan biaya operasional lainnya.

"Kami juga membutuhkan sarana prasarana perkantoran mobilitas dan tenaga pendukung," terang Sumarno.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bakal mendukung sepenuhnya kegiatan KPU DKI. Dia sudah meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk mendata kebutuhan KPU DKI.

Baca: Waspada Politik Uang Jelang Pilkada

"Kebutuhan pelatihan dan penambahan jumlah petugas. Pemilu 2019 kebutuhan akan naik 2 kali lipat. Tempat pemilihan akan mencapai 26 ribu dan 300 ribu petugas di Jakarta," terang Sandi.

Sandi memastikan bakal mendukung dan menyukseskan Pemilu 2019. "Jakarta akan turut menyukseskan pemilihan umum dan pemilihan legislatif untuk tahun depan," pungkas Sandi.


(OGI)