Rekayasa Lalu Lintas Jelang Uji Coba Underpass Mampang-Tendean

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 11 Apr 2018 05:00 WIB
proyek underpass
Rekayasa Lalu Lintas Jelang Uji Coba <i>Underpass</i> Mampang-Tendean
Proyek underpass Mampang. ANTARA/Angga Budhiyanto

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menguji coba jalur lintas bawah (underpass) Mampang-Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu, 11 Maret 2018. Sejumlah penerapan rekaya lalu-lintas pun dilakukan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan pihaknya akan bekerja optimal menangani rekayasa lalu-lintas yang diterapkan pada uji coba underpass Mampang-Kuningan. Sebanyak 50 personelnya akan diterjunkan menangani rekayasa lalu-lintas di sekitar Mampang-Kuningan.

Pengerahan secata optimal dilakukan karena dirinya tak ingin mengulangi kesalahan pada rekayasa lalu-lintas imbas uji coba underpass Matraman yang diterapkan hari ini. Sebab, penerapan rakayasa lalu-lintas pada uji coba underpass Matraman justru menimbulkan kemacetan parah.

"Mungkin ini jadi pelajaran dari (underpass) Matraman," kata Andri, saat dihubungi, Selasa, 10 April 2018.

Meski demikian, pihaknya tidak menjamin strategi persiapan pengaturan rekayasa lalu-lintas pada uji coba underpass Mampang-Kuningan berdampak efektif mengurai kemacetan. Sebab, menurut dia, penerapan strategi paling baik adalah ketika melihat kondisi di lapangan.

"Sekarang begini, kita kan sudah melakukan pengkajian, rekayasa, tapi rekayasa itu bisa efektif atau tidak efektif kan setelah diuji cobakan," tegas dia. 

Untuk itu, pihaknya akan terus mengevaluasi rekayasa lalu-lintas tersebut secara intensif. Dirinya mengatakan tidak menutup kemungkinan strategi yang sudah jauh-jauh disusun oleh petugas dapat terus berubah, lantaran kondisi di lapangan bersifat dinamis dan bisa berlawanan dari strategi yang sudah dicanangkan sejak awal.

"Rencana yang kita lakukan hanya uji coba dan bukan permanen. Untuk itu kita evaluasi secara intensif dengan melihat kondisi di lapangan yang dinamis," tandas dia.

Berikut rekayasa lalu lintas pada uji coba underpass Mampang-Kuningan yang akan diberlakukan Rabu: 

(Rekayasa pertama Simpang Mampang-Tendean)

1. Lalu lintas dari arah Utara, Menteng. Belok kiri ke arah Pancoran/Cawang, belok kanan ke arah Semanggi, lurus ke arah Mampang atau dapat menggunakan underpass keluar di offramp tengah, sedangkan lalu lintas yang menerus ke arah Ragunan menggunakan underpass.

2. Lalu lintas dari arah Selatan, Mampang, Ragunan. Belok kiri ke arah Semanggi, belok kanan ke arah Pancoran/Cawang, lurus ke Setiabudi/Menteng, ke arah Mampang putar balik (S-S) di atas underpass.

3. Lalu lintas dari arah Timur, Pancoran atau Cawang. Belok kiri ke arah Mampang/Ragunan, belok kanan ke arah Menteng/Setiabudi, ke arah Semanggi melalui flyover, kecuali bus Transjakarta.

4. Lalu lintas dari arah Barat, Semanggi. Belok kiri ke arah Setiabudi/Menteng, belok kanan ke arah Mampang/Ragunan, ke arah Pancoran melalui flyover, kecuali bus Transjakarta.

(Rekayasa kedua Simpang Mampang-Tendean)

1. Lalu lintas dari arah Selatan menuju Menteng. Belok kiri ke arah Blok M, putar balik (S-S) ke arah Warung Buncit/Ragunan, menerus ke arah Setiabudi/Menteng menggunakan underpass. Sedangkan ke arah Pancoran/Cawang masuk underpass keluar di offramp tengah putar balik ke arah Pancoran/Cawang masuk underpass keluar di offramp tengah putar balik ke arah Jalan P. Tendean/belok kanan di simpang Mampang-Kuningan.

2. Lalu lintas ke arah Utara atau Kuningan. Belok kiri ke arah Pancoran/Cawang, belok kanan ke arah Blok M, lurus ke arah Warung Buncit/Ragunan.

3. Lalu lintas dari arah Barat atau Jalan P. Tendean Blok M. Belok kiri ke arah Semanggi/Menteng, belok kanan ke arah Warung Buncit/Ragunan ke arah Pancoran/Cawang melalui flyover.

4. Lalu lintas dari arah Timur atau Jalan P. Tendean Trans 7. Belok kiri ke arah Warung Buncit/Ragunan ke arah Blok M naik flyover, ke arah Semanggi/Menteng putar balik di kolong ke arah simpang Mampang-Kuningan naik flyover ke Semanggi belok kanan ke arah Setiabudi/Menteng.


(SCI)